Photo: Gilamotor/Ilham
4
16975

Mau Nyaman Naik Motor? Baca Aja Stikernya

GILAMOTOR.com – Stiker peringatan pada motor yang biasanya tertempel di panel bodi atau tangki acap kali diabaikan oleh penggunanya. Padahal, informasi yang tertera, berhubungan dengan keamanan dan kenyamanan berkendara lho bro en sis.

“Banyak yang nggak sadar, kalau informasi yang ada sangat berguna. Seperti ukuran tekanan angin ban dan kekuatan bagasi atau gantungan,” ungkap Ismutiar, Training Fasilitator PT Daya Adicipta Mustika (DAM), Main Dealer Honda Jawa Barat.

Sebagai contoh, tekanan ban yang kelewat banyak berpengaruh pada kenyamanan yang berkurang karena keras. Selain itu, kompon cepat habis dan cengkeraman ban berkurang ke aspal. Sedangkan tekanan angin yang kurang dapat berakibat tarikan motor yang lambat dan bensin yang boros.

Padahal, dalam stiker peringatan tersebut tercantum ukuran tekanan angin ban depan-belakang. Seperti pada Honda BeAT eSP dan Yamaha Mio M3 tertera ukuran 29 psi di roda depan dan 33 psi di belakang. Kalau mengikuti pedoman ini, dijamin kenyamanan motor seperti baru keluar dealer bro en sis. Hehehe….

Oiya, pada tipe skutik, seperti Mio M3 dan BeAT eSP tertera pula ukuran kekuatan bagasi dan gantungan. Dan dapat dilihat, jika beban total yang bisa digendong kedua motor berbeda lho bro en sis.

Kalau berat barang di bagasi depan dan gantungan BeAT maksimum 1,5 kg, maka pada Mio M3 dan Soul GT mampu menampung hingga 2 kg. Tapi kekuatan bagasi (kolong jok) BeAT lebih kuat dengan angkutan maksimal hingga 10 kg, sedangkan skutik Yamaha dibatasi 1 kg saja.

4 COMMENTS