Photo : Yamahamotogp
0
881

Berbekal Seamless Gearbox Lengkap, Yamaha Incar Kemenangan di Qatar?

GILAMOTOR.com – Tim pabrikan Yamaha lantang mengincar kemenangan di seri perdana MotOGP Qatar. Kepercayaan diri tim muncul lantaran teknologi seamless gearbox mereka sudah lengkap. Apakah ini menjadi patokan untuk meraih hasil terbaik di Sirkuit Losail nanti?

Sekitar dua minggu lagi gelaran MotoGP 2015 akan dimulai. Ajang ini pun dijadikan arena pembuktian dari pengembangan kuda besi masing-masing tim dalam kurun waktu setahun belakangan.

Hal menarik datang dari tim Yamaha dimana tahun ini mereka tampak siap mengejar Honda dengan aplikasi seamless gearbox lengkapnya. Maklum, dua rider mereka (Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo) mengklaim keterbatasan YZR-M1 terletak pada seamless gearbox yang hanya upshift saja.

Namun, pada tes MotOGP kedua di Sepang, Malaysia mereka sudah melengkapi perangkat tersebut. Dan, hasilnya terbilang baik. Untuk itu Yamaha menyatakan bahwa gearbox tersebut akan resmi dipakai pada musim ini.

“Selama tes kedua di Sepang kami sudah memperlihatkan kinerja seamless gearbox kami,” kata Takaaki Kimura, Vice President Yamaha Motor di Jepang.

Akan tetapi, hal itu menurutnya bukan lah modal utama. “Kami harus terus mengembangkan sasis dan elektronik dan memanfaatkannya secara maksimal,” tambah Kimura San. Untuk itu, pihaknya akan melanjutkan pekerjaan pada YZR-M1 dan melihat hasilnya di tes terakhir MotoGP di Losail 14-16 Maret nanti.

Meski selangkah lebih maju, tim Yamaha harus tetap mewaspadai pergerakan tim lain seperti Ducati, CWM LCR Honda atau Suzuki. Pasalnya, pada tes kedua lalu Aleix Esapargaro tampil konstan ada 10 besar.