Photo: Gilamotor.com/Ilham
0
2517

Bolehkan Bore Up R25 Hingga 280cc, Yamaha Coba Arahkan Tim ke Balap WSS 300

GILAMOTOR.com – Ada yang menarik disamping ramainya peserta kelas YZF R25 Professional Riders yang mencapai 36 starer di ajang Yamaha Sunday Race – R Cup 2015 Seri-1 pada Minggu (29/3/2015). Yaitu, keluhan beberapa tim mengenai regulasi yang membolehkan motor di bore up sampai 280cc.

“Saya sedikit kecewa. Karena parts racing untuk Yamaha R25, masih sedikit tapi sudah dibolehkan untuk bore up 280cc. Ini seperti adu kuat-kuatan dana riset ya. Lihat saja, urutan podium semua dikuasai motor 280cc, bukan murni 250cc,” ujar salah seorang perwakilan tim.

Menurutnya, hal tersebut membuat potensi skill pebalap tak dapat terlihat karena spek motor yang berbeda satu sama lain. “Semoga seri depan gelaran ini bisa lebih baik lagi,” katanya.
balap-r-cup

Keluhan ini langsung dijawab M. Abidin, GM Service dan Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). “Kami membolehkan bore up R25 sampai 280cc karena kami melihat potensi gelaran balap kelas dunia, WSS 300 dari Dorna,” jelasnya.

Menurutnya, lewat bore up 280cc, tuner balap lokal bisa belajar untuk riset ke ajang tersebut. “Sehingga kedepannya, tim diharap sudah terbiasa dengan bore up,” ungkap Abidin.

Toh demikian, dirinya mengakui kendala tim karena langkanya parts balap R25, tapi dirinya berjanji kedepannya akan makin banyak pemain . “Memang, saat ini masih terkendala komponen. Tapi tunggu saja, dua bulan lagi, situasinya akan berbeda. Pasti lebih ramai dan komponen akan makin murah. Selain itu, kami juga akan sebarkan hasil pengembangan dari beberapa komponen balap di R25 pada tim-tim balap,” pungkas pria ramah ini.