Photo : Gilamotor.com/Tono
10
4038

Yamaha All New Soul GT, Incaran Baru Lelaki Urban

GILAMOTOR.com – Desain yang maskulin memang satu fokus yang ditawarkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ketika merilis All New Soul GT. Lalu, apakah hal ini sudah cukup menggoda anda untuk segera merogoh kocek Rp 15,1 juta?

Secara menyeluruh Dyonisius Bety, Executive Vice President Director YIMM mengatakan Yamaha Indonesia memang menjual desain. Namun, diikuti pula dengan perbaikan pada performa dan penyesuaian untuk kebutuhan kaum urban.

Lebih lanjut, Radityo Andi Dharma sebagai Head of Marketing Brand and Strategy YIMM mengatakan All New Soul GT memiliki tiga kunci utama yakni desain gagah, akselerasi yang lebih power full dan daily use.

Sebelumnya, GILAMOTOR.com sudah pernah membahas tentang apa saja ‘fasilitas’ yang dijanjikan konsumen ketika memilih All New Soul GT sebagai tunggangan anyar mereka (baca di sini).

All-New-Soul-GT-12
Namun, rasa penasaran untuk mengendarai All New Soul GT langsung diamini Yamaha Indonesia. Mereka memberikan kesempatan kepada rekan media untuk merasakan perubahan lain yang dibawa skutik bermesin 125cc Blue Core ini.

Bedanya, sesi first ride yang dibungkus dengan city touring kali itu dilakukan malam hari. Impresi pertama yang terlihat adalah penerangan dari headlamp LED yang memberikan penerangan maksimal. Ini jelas sangat berguna, apalagi daya lampu LED sangat rendah.

Rombongan All New Soul GT keluar dari kawasan Ancol saat kondisi jalanan menuju Yamaha DDS Cempaka Putih, Jakarta cukup ramai. Akan tetapi, inilah waktu yang tepat untuk membuktikan pernyataan yang dilontarkan Radityo saat mempresentasikan All New Soul GT.

“All New Soul GT sengaja dikembangkan agar penggunaannya bisa menembus kemacetan dengan bodi ramping dan handling yang ringan,” ujarnya.

Bicara soal ramping, generasi terbaru Soul GT ini memang terlihat lebih singset. Padahal, di bawah joknya tersedia bagasi berkapasitas 14 liter yang bisa memuat helm half face. Ini memberikan dampak pada pelebaran jok. Namun, pastinya lebih nyaman untuk sang pengendara.

Biasanya, jok lebar akan membuat jangkauan kaki ke tanah menjadi lebih jauh. Akan tetapi, hal tersebut tidak dirasakan GILAMOTOR.com karena tinggi jok ke tanah hanya 760mm. Cukup ideal untuk pria yang memiliki postur 173cm.

GILAMOTOR.com juga dihadapkan pada tampilan speedometer yang terang dan simple. Adanya lampu indikator Eco patut menjadi pertimbangan konsumen agar bisa berkendara dengan efisien. Jika konsumsi BBM All New Soul GT diklaim 51 km/liter, anda pasti bisa. Tentunya harus mengikuti panduan. Caranya mudah, jika lampu hijau bertuliskan Eco tetap menyala berarti anda sedang Eco riding.

All-New-Soul-GT-9
Selama perjalanan, GILAMOTOR.com beberapa kali keluar dari rombongan dan sengaja membawa All New Soul GT meliuk diantara keramaian kendaraan roda empat. Di sini, handling All New Soul GT sangat responsif. Mesin SOHC 125cc Blue Core yang diadopsi dari Mio M3 125 ternyata tetap apik. Padahal bobot All New Soul GT yang 96 kg, lebih berat 4 kg dari si adik.

Ternyata cukup mudah mengakali agar performanya tetap terjaga. Kuncinya adalah dengan mengganti roller CVT 12 gram (Mio M3 125) menjadi 10 gram. Ini bisa dirasakan saat GILAMOTOR.com mencoba mengerem dan diikuti kemudian dengan mumuntir gas secara spontan dimana tenaganya di putaran bawah bekerja cukup baik.

Kenyamanan pengendalian All New Soul GT juga ditunjang aplikasi velg 14 inci dengan tapak yang lebih lebar. Pada bagian depan, lebar velg 1,6 inci dengan ukuran ban 80/80. Sementara velg belakang 2,5 inchi (100/70).

Jika sudah tertarik, silahkan pilih karena all New Soul GT tersedia dalam empat varian warna. Mulai dari Challenger Gunmetal, Victory Red, Bravery Black dan Explorer White.