Photo : Gilamotor.com/Ary
0
2272

Intip Tahap Pembuatan Corsa Platinum Langsung di Pabriknya

GILAMOTOR.com – Sebagian dari anda mungkin belum terlalu paham bagaimana sebuah ban sepeda motor diproduksi. Tentunya sangat menarik bisa melihatnya langsung dari dekat.

Kesempatan mengunjungi pabrik Corsa pun menjadi momen yang dinanti. Firdan Mulia, Technical Head National, PT Multistrada Arah Sarana (MAS) Tbk pun menjelaskan secara detail produksi ban Corsa di pabrik seluas 210 hektar tersebut. Berikut tahapan produksinya :

Corsa-Pabrik-1
1. Bunbary. Ini adalah proses pembuatan compound. Di sini, material-material seperti karet sintetik dan yang lainnya dicampur,” kata Firdan.

2. Semi manufacturing. Sektor ini menjadi bagian untuk mengaplikasikan compound yang sudah dibuat. “Tempat ini terdiri dari beberapa mesin untuk membuat bagian-bagian ban seperti telapak ban, dinding ban, inner liner (pengganti ban dalam pada ban tubeless) dan bid ring,”lanjutnya.

3. Setelah bagian ban jadi, proses selanjutnya adalah ke divisi tyre building. “Di sinilah bagian-bagian tadi digabungkan,” papar Firdan. Di sini, bentuk ban sudah bisa terlihat. Namun, masih setengah jadi karena belum dilengkapi tapak ban.

Corsa-Pabrik-2
4. Prosesnya kemudian dilanjutkan ke curing building. Lokasi ini menjadi tempat pembuatan ban sampai jadi. Mesin ini bertugas memberikan cetakan tapak hingga tulisan informasi pada ban Corsa. “lamanya proses sekitar 8-12 menit,” sahut Firdan.

5. Belum tuntas, ban yang sudah jadi tadi masih harus masuk ke mesin PCI. Firdan mengatakan ini bagian penyempurnaan ban. Mesin tersebut berfungsi memastikan penyempurnaan bentuk, tingkat preasure hingga balancing ban. Proses ini berlangsung selama 15 menit.

6. Finishing. Menjadi bagian quality control. Petugas di divisi ini bertugas merapihkan sisa-sisa karet yang masih menempel dan mengecek kualitas ban.

Corsa-Pabrik-3
Jika sudah sesuai dengan standar, mereka akan memberikan tanda bahwa motor ini siap masuk ware house untuk di bungkus dan siap untuk didistribusikan.

Sebagai informasi, MAS menyediakan 160 molding untuk ban Corsa yang terdiri dari beragam jenis kembangan dan ukuran. Dan, dengan fasilitas ini MAS sanggup memproduksi 16 ribu unit ban dalam sehari.