Photo: Suzuki Racing
1
566

Menanti Kejutan Suzuki di Kualifikasi MotoGP Argentina

GILAMOTOR.com – Pebalap Spanyol dengan motor Jepang kuasai hari pertama free practice MotoGP 2015 di sirkuit Termas de Rio Hondo di Argentina. Bukan Marc Marquez yang selalu tampil memukau dengan motor Hondanya, kali ini Aleix Espargaro memberi kejutan dengan Suzuki GSX-RR.

Tapi Marc Marquez mengatakan bahwa Aleix akan dapat masalah di sesi kualifikasi. “Aleix akan mendapat masalah di babak kualifikasi dan berjuang untuk posisi pole. Di trek ini tenaga mesin tidak terlalu penting dan Suzuki berjalan dengan baik, tapi tidak apa-apa. Target ku adalah saat balapan,” ujar Marquez.

Sepanjang sesi latihan bebas pertama dan kedua, para pebalap berjuang untuk grip dan pemilihan ban yang tepat. Kondisi trek yang kotor dan licin jadi salah satu halangan yang harus diatasi.

Marquez mengakui kalau di akhir sesi latihan kedua, dia mulai menemukan kemungkinan kondisi yang baik. Dia mulai merasa nyaman dengan motornya. Kuncinya adalah memahami setiap perubahan level grip dan mampu beradaptasi dengan gerakan yang sesuai.

“Juga keputusan penggunaan ban. Aku berusaha sekerasnya dan aku bisa bilang ini tak buruk. Di beberapa trek itu bisa diabaikan tapi di sini punya beberapa point bagus. Aku akan mencoba lagi di sesi selanjutnya untuk membuat ide yang lebih baik,” lanjut Marquez.

Sementara bagi Suzuki, kerja keras selama dua tahun dalam pengembangan GSX-RR mulai memperlihatkan perubahan. Meski pada sesi latihan bebas tak memberikan poin di kejuaraan, tapi setidaknya hasil itu bisa memberikan semangat bagi tim.

“Seperti yang pernah aku bilang sebelum aku ke sini, aku sangat suka trek ini dan aku rasa cocok dengan motor kami,” ucap Aleix.

Tahun lalu ia punya hasil bagus, tapi hari ini ia yakin bisa meraih hasil yang lebih baik. “Meski trek masih cukup licin, handling GSX-RR sangat memberi ku kepercayaan diri,” aku kakak kandung Pol Espargaro ini.

Tak sepenuhnya bagus, karena Aleix mengakui masih menemukan masalah di beberapa bagian trek. Dipastikan itu akan mengurangi catatan waktunya. “Tapi aku senang dengan reaksi motor,” tegas Aleix.

Apakah Aleix akan buat kejutan meraih posisi pole di kualifikasi nanti malam?

1 COMMENT