Photo: Motorcycle
0
1341

Merasa Konsepnya Dicontek, Piaggio Gugat Yamaha dan Peugeot

GILAMOTOR.com – Serbuan skutik roda tiga anyar, seperti Yamaha Tricity dan Peugeot Metropolis membuat pabrikan motor asal Italia, Piggio meradang. Pasalnya, kedua motor tersebut diklaim telah menyontek konsep produk mereka, Piaggio MP3.

Seperti diberitakan La Reppublica, Piaggio mengajukan gugatan di pengadilan kota Milan, Italia dengan tuduhan jika Yamaha dan Peugeot menyontek konsep skutik roda tiga dengan kemampuan belok miring (leaning three-wheeled scooters).

Gugatan hukum ini dilakukan pada model Yamaha Tricity dan Peugeot Metropolis dianggap mengopi paten dan desain Piaggio MP3. Piaggio mengaku mengalami kerugian dari sisi market share dan penjualan.

Meskipun keluhan Piaggio diajukan pada musim gugur, pihak yang terlibat harus menunggu sampai musim panas ini untuk menunggu pengadilan mencermati masalah. Kasus terhadap Peugeot sendiri akan ditunda sampai 16 Juni sementara sidang pendahuluan antara Piaggio dan Yamaha akan diadakan 24 Juli.

Khusus untuk Peugeot, mereka juga harus bertarung melawan Piaggio di pengadilan Paris, Perancis. Karena Piaggio turut mendaftarkan gugatan di sana. Bukan sebagai ajang balas dendam. Tapi untuk mengembalikan konsumen skutik roda tiga mereka di sana. Maklum saja, pasar skutik roda tiga di Perancis terbilang sangat besar.