Photo : Yamaha MotoGP
1
1321

MotoGP Jerez : Duo Pebalap Italia Serang Spanyol

GILAMOTOR.com – MotoGP kini tiba di tanah Eropa, dan Spanyol jadi persinggahan pertama MotoGP di benua biru itu.

Di seri ini, diprediksi akan jadi pertarungan antara Yamaha dan Ducati, Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso. Dan kedua pebalap Italia ini diprediksi akan mendominasi jalannya balapan. Pasalnya, para pebalap papan atas Spanyol yang biasa menempati posisi teratas di tiap balapan, sedang menghadapi beragam permasalahan.

Marquez dalam cedera jari kelingking kiri akibat kecelakaan saat latihan di trek dirt bike. Memang bukan masalah besar bagi seorang Marquez, namun saat mengendalikan RC213V khususnya saat melakukan hard braking, tentu butuh kerja ekstra pada bagian tangan. Dan belum diketahui apa yang akan dirasakannya nanti.

Dani Pedrosa batal kembali ke MotoGP setelah operasi otot tangannya dirasa belum sembuh total. Akibat masalah arm pump, Dani gagal finish podium di Qatar dan tak bisa mengikuti balapan di Texas dan Argentina karena masih dalam pemulihan usai operasi. Dan di seri keempat di Jerez yang akan berlangsung akhir pekan ini, Dani kembali menyatakan belum bisa mengikuti balapan.

Dan pebalap Spanyol lainnya, Jorge Lorenzo, sedang dalam krisis. Di Qatar, Lorenzo gagal meraih poin penuh lantaran helmnya bermasalah, di Texas ia terserang radang ternggorokan, dan di Argentina dia masih belum maksimal.

Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso, keduanya adalah pebalap Italia. Kedua pebalap ini pun semakin bersinar sejak seri pembuka di Qatar. Rossi menunjukkan performanya di sirkuit yang dikatakan sulit. Di Austin dan Termas de Rio Hondo, Rossi menunjukkan performa bagus. Sementara di Jerez, Rossi punya banyak catatan kemenangan. Setidaknya dia punya 6 kemenangan saat MotoGP masih menggunakan mesin 500cc. Dan tahun lalu pun dia berdiri di poidum.

Begitu juga dengan Ducati. Sejak awal seri, Desmosedici GP15 selalu finish podium. Meski di Jerez Ducati hanya punya catatan sekali kemenangan di era Loris Capirosi, tapi tampaknya perubahan mulai terlihat dari tim merah ini.

1 COMMENT