Photo: Kutu Vespa
3
1237

Masuk Long Weekend dan Musim Panas, Ayo Turing!

GILAMOTOR.com – Tak lama lagi, liburan panjang alias long weekend akan menyapa kita. Nah, kegiatan berwisata sambil mengendarai motor, alias turing, bikepacker, atau kami menyebutnya RelaxVenture bisa dipilih untuk mengisi liburan.

Kali ini GILAMOTOR.com akan berbagi tips mengenai hal-hal seputar turing. Mulai dari memilih perlengkapan, hingga cara nyaman berkendara. Apalagi, di sebagian wilayah Indonesia sudah masuk musim panas dengan cuacanya yang terik. Lalu, apa yang harus dilakukan.

Banyak Minum, Hindari Dehidrasi

Seperti disampaikan oleh Iwan Rasta dari komunitas Outsiders. “Turing di musim panas bisa jadi tantangan bagi bikers. Namun untuk menyiasatinya, bisa dengan perbanyak minum air putih,” bukanya.

Selain itu, Iwan juga menyarankan jika cuaca terlampau terik, sebaiknya mencari tempat berteduh terlebih dahulu, untuk menghindari pusing dan dehidrasi. “Lebih baik berteduh sambil istirahat saja, ketimbang mengambil resiko untuk lanjut tapi membahayan,” papar penggemar motor yang juga penulis ini.

Syaiful Arifin, Dewan Penasihat Tiger Association Bandung (TAB) menimpali. “Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap nyaman saat turing di cuaca panas. Diantaranya banyak minum,” ungkapnya.

Minum banyak air putih sebelum turing menurutnya dibutuhkan untuk menghindari dehidrasi. “Kalau sudah dehidrasi, bahaya. Karena bisa mengurangi konsentrasi berkendara dan membuat badan lebih lelah,” jelasnya.

Mengonsumsi minuman isotonik disela istirahat turing juga disarankan. “Karena turing saat panas akan membuat badan berkeringat lebih banyak. Sehingga cairan isotonik cukup manjur mengganti cairan tubuh,” jelas pria ramah ini.

3 COMMENTS