Photo : Gilamotor.com/Ary
0
1155

Negara Tantang AHM Tingkatkan Kuota Ekspor

GILAMOTOR.com – Langkah PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan ekspor memberikan keuntungan bagi negara. Untuk itu, pemerintah berharap AHM bisa terus meningkatkan kapasitas produksinya untuk ekspor.

Kemarin (26/5/2015), menjadi momen yang membanggakan bagi AHM karena bisa mengekspor salah satu produk terbaiknya. Negara yang menjadi tujuan penjualan All New BeAT eSP adalah Filipina.

Meski positif, pemerintah yang diwakili Saleh Husin, Menteri Perindustrian Republik Indonesia menuntut AHM bisa langsung menggeber produksinya.

“Menurut AHM ekspor yang dimulai 2015 ini 30 ribu unit. Tentu masih kecil jika dibanding kapasitas produksi mencapai 1,1 juta unit. Harapannya, angka ekspor AHM bisa menebus 100 ribu,” lanjut Saleh yang khusus datang ke pabrik AHM di Cikarang, Jawa Barat.

Ini naik 2x lipat dari target AHM yang menyebut target 2016 tahun depan adalah 50 ribu unit.

All New Honda BeAT eSP yang dikirm perdana ke Filipina ini didukung 98,8 persen komponen lokal hasil karya anak bangsa.

Johannes Loman, Executive Vice President PT AHM mengatakan ini sekaligus mencerminkan bahwa produsen suku cadang di dalam negeri juga berkualitas.

“Ada 423 komponen  pada All New BeAT eSP dengan kandungan lokal 98,8 persen. AHM didukung 1.180 produsen binaan AHM dan semua sudah sesuai standar yang teah ditetapkan,” ujar Johannes.