Photo: Suzuki-Racing
1
978

Garapan Suzuki GSX-RR Berlanjut, Fokus di Aerodinamika dan Elektronik

GILAMOTOR.com – Berdirinya Aleix Espargaro dan Maverick Vinales di grid terdepan MotoGP Catalunya, Spanyol bisa menjadi acuan perkembangan tim Suzuki Ecstar. Mereka pun berencana melanjutkan pengembangan kuda besinya agar lebih baik lagi.

Sebelum di Catalunya, tim Suzuki menyatakan bakal menggunakan update terbaru dari tunggangan Vinales dan Aleix. Hal tersebut kemudian dibuktikan ketika kedua rider Suzuki itu terus memperbaiki catatan waktunya.

Sayang, saat balapan dimulai posisi keduanya tak mampu mempertahankan posisi awal. Kondisi tersebut membuat perjuangan mereka cukup berat untuk memperbaiki kembali posisinya. Aleix bahkan terjatuh saat tengah berada di urutan 4.

“Saya memperoleh awal start yang sangat baik, namun Saya masih kurang cepat di akselerasi. Ketika Saya memindahkan transmisi ke gear 2, Saya mulai kehilangan posisi dikarenakan metode perpindahan transmisi yang berbeda dari Seamless Shift Systems yang digunakan pesaing kami  di kelas pabrikan,” kata Aleix.

Karena telah mengetahui karakter motor yang juga lebih cepat, Aleix pun memaksimalkan tunggangannya untuk mencapai posisi tersebut. Akan tetapi, keagresifannya membuat ban depan motor lebih aus dan membuatnya terjatuh.

Vinales yang merangkak perlahan justru mencatat hasil lebih baik. Walau finish ke 6, rider Spanyol ini sanggup mempertahankan dan bersaing dengan para rider berpengalaman di tim Pabrikan.

Sotaru Terada, Project Leader Suzuki di MotoGP mengatakan ini menjadi bukti bahwa progres tim Suzuki di MotoGP positif. Meski begitu dirinya tetap berujar bahwa seluruh pihak di ti Suzuki Ecstar harus bekerja keras.

“Hal positif dan penting yang dirasakan pada spesifikasi mesin baru Suzuki GSX-RR tidak hanya pada peningkatan tenaga puncak, namun juga penyaluran tenaga yang lebih baik dan halus,” jelasnya.

“Untuk sesi uji coba selanjutnya, kami akan mencoba peningkatan di sisi aerodinamika dan juga elektronik. Kami berharap kedua hal tersebut memberikan bukti yang menguntungkan,” tutup Terada San.

1 COMMENT