Photo: 123rf - Kamil Macniak
0
943

Berkendara di Bulan Puasa, Jangan Lupa Jaga Emosi

GILAMOTOR.com – Bulan puasa merupakan saat dimana kita diuji untuk menahan lapar, haus, nafsu dan kesabaran. Namun yang ironis, saat jam pulang kerja dengan kondisi jalanan padat, tak jarang membuat emosi penggunajalan justru meningkat. Alhasil, insiden di jalan raya saat jam pulang kerja kerap terjadi. Jelas, hal tersebut justru mengurangi esensi dari puasa itu sendiri.

Padahal hal tersebut bisa dihindari dengan menjaga emosi selama berkendara. Dan untuk menjaga emosi tersebut juga tidak lah sulit, jika mengetahui caranya.

Diantaranya dengan memilih waktu pulang yang tepat. Jika memang kondisi waktu pulang tidak memungkinkan untuk berbuka di rumah, lebih baik menunggu waktu buka di kantor, atau tempat Anda beraktivitas. Setelah membatalkan puasa dan sedikit makan barulah mulai berkendara. Keuntungannya, selain jalanan lebih sepi, kondisi perut yang sudah terisi juga bisa mengurangi emosi berlebih.

Namun jika memang memungkinkan berbuka di rumah, usahakan menjaga emosi di kemacetan dengan cara mengalah, tidak tergesa-gesa dan mengutamakan defensive riding. Artinya, kita tak perlu terpancing emosi pengendara lain yang ugal-ugalan. Cukup fokus dengan kondisi jalan dan tujuan kita, yakni pulang kerumah dengan selamat.

Selain itu, bisa dilanjutkan dengan memilih jalan yang akan ditempuh saat pulang. Saat ini, sudah banyak aplikasi GPS pada smartphone yang bisa memberi informasi mengenai kondisi jalan secara real time. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menentukan jalan yang ingin dilalui sekaligus menghindari kemacetan.

Tak ketinggalan, bukan hanya emosi, tapi kondisi tubuh juga harus tetap terjaga selama puasa agar bisa melakukan multi aktivitas. Caranya bisa dengan mengonsumsi Enervon-C yang merupakan Multivitamin (mengandung Vitamin C, B1,B2,B6,B12, Niacinamide dan Kalsiumpatotenat) yang telah terbukti secara medis dan faktual, efektifitasnya dan keamanannya, dalam memberikan Multiproteksi untuk Multiaktifitas.

Saat berpuasa, Enervon-C dianjurkan dikonsumsi 1 kaplet setelah makan sahur, dan 1 kaplet setelah berbuka.