Photo: Gilamotor.com/Gojay
0
2717

Laporan Mudik Kita : Wisata Desa Tanon, Destinasi Wisata Alam dan Budaya

GILAMOTOR.com – Hari Raya Idul Fitri hanya tinggal hitungan hari. Dalam 5 hari ke depan, gema takbir akan berkumandang sebagai tanda kemenangan umat Islam setelah sebulan lamanya berpuasa berjuang melawan hawa nafsu, haus dan lapar.

Dan sudah jadi tradisi pula, di sela libur hari raya akan dimanfaatkan untuk berlibur bersama keluarga tercinta.

Saat tim #LaporanMudikKita bergerak menunggangi Yamaha Mio M3 125 ke Salatiga, Jawa Tengah, kami singgah di dataran tinggi di bawah kaki Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo. Di kawasan bersuhu dingin ini terdapat beberapa lokasi wisata untuk keluarga maupun kelompok organisasi, seperti warter park Kopeng, air terjun Kali Pancur hingga wisata pedesaan Desa Wisata Tanon.

Dari kunjungan kami yang terbilang sangat singkat, kami menarik kesimpulan bahwa lokasi wisata Desa Wisata Tanon paling menarik untuk dicoba. Pasalnya, sang pendiri lokasi wisata, Trisno, atau yang akrab disapa Kang Tris, mengembangkan lokasi wisata ini dengan konsep khusus untuk pengembangan masyarakat pedesaan dan pelestarian budaya daerah.

Sitidaknya ada 11 paket wisata ditawarkan dengan nuansa tradisional dan alam. Yang menarik, paket wisatanya bisa dinikmati oleh anak-anak hingga orang manula. Selain itu, dalam setiap paket wisata yang ditawarkan Desa Wisata Tanon, Kang Tris memadukan banyak unsur tradisi, kebudayaan hingga suasana pedesaan dan kerajinan tangan.

Desa wisata ini membranding dirinya dengan sebutan Desa Menari. Sangat terlihat sang pendiri membangun Desa Wisata ini sebagai upaya pelestarian budaya dan seni. Lokasi wisata ini ada Dusun Tanon, Ngrawan, Getasan, Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Namun karena letak geografisnya ada di dekat Salatiga, jadi orang lebih mengenal kawasan ini ada di wilayah Salatiga.

Yang tak kalah menarik, biaya untuk tiap paket yang ditawarkan sangatlah murah, tak lebih dari Rp 10 ribu per kepala. Kecuali paket wisata Psikoterapi, paket ini harganya Rp 150 ribu perkepala karena membutuhkan keahlian khusus kepada pengunjung yang memilih paket ini.

Dikatakan Kang Tris, untuk paket wisata pageralan seni, perkelompoknya dihargai Rp 1 juta. “Mau perkelompoknya 30 orang atau 100 orang, harganya tetap Rp 1 juta,” terangnya.

Sementara untuk paket wisata yang berbau dengan alam dan keterampilan, harganya kurang dari Rp 10 ribu. Seperti paket wisata Out Bound Ndeso, cuma Rp 5 ribu per kepala. Memerah susu Rp 7500 per kepala.

Kalau Anda datang dari jauh dan harus menginap, tersedia home stay seharga Rp 50 ribu per kepala permalam. Kawasan wisata ini bisa menampung hingga 200 orang per kunjungan. Anda bisa mencoba wisata ini bersama keluarga atau rekan-rekan Anda.

Desa Wisata Tanon
Dusun Tanon, Ngrawan, Getasan, Kabupaten Semarang Jawa Tengah

Dolanan Tangga Manusia Dolanan Toya Gila Perjalanan Di Telomoyo Presenter Cakra Semarang TV&Pengunjung menari g para Penari Susur Sungai dari Rombongan SD PK Kota Barat Solo Wisata alam pedesaan