Photo: Gilamotor.com/Ary
0
1926

Nikmatnya Kopi Klotok dari Kaki Gunung Merbabu

GILAMOTOR.com – Kopi Klotok menjadi teman paling setia untuk menghangatkan tubuh dari dinginnya udara kaki Gunung Merbabu. Aroma kopi yang diseduh langsung dari panci menjadi sangat khas memasuki rongga hidung.

Masa libur panjang lebaran dan sekolah baru akan berakhir pekan ini. Masih ada waktu bagi Anda yang ingin berwisata ke lokasi sejuk di pegunungan. Terutama Anda yang ingin pelesiran ke Gunung Merbabu.

Kawasan Kopeng yang terletak di Salatiga, Jawa Tengah, menjadi salah satu pintu masuk menuju Gunung Merbabu. “Pintu masuknya 300 meter di seberang jalan ini,” kata Kristianto, penjaga outlet Kopi Klotok di daerah tersebut.

Sedang asik berbincang tentang Merbabu, tiba-tiba ada sesuatu yang ‘mengganggu’ indera penciuman. Rupanya aroma itu datang dari kopi Klotok yang belum lama dipesan.

Rasa penasaran pun muncul untuk mengetahui cara penyajian kopi yang diambil dari bilangan Secang, Semarang tersebut.

“Cuma gini aja mas…Bubuk kopinya dipanaskan di dalam panci. Setelah aromanya tercium baru tuangkan air dan tunggu sampai mendidih. Setelah itu, baru ditambahkan gula secukupnya,” papar Kristianto.

Rasa pahit dari kopi Klotok yang dibanderol Rp 5 ribu per cangkir ini cukup mengikat lidah. Tepat sekali jika didampingi kudapan seperti pisang goreng.

Anda yang ingin menikmati Kopi Klotok ini, bisa langsung mengarahkan tujuan ke kawasan Kopeng yang juga menjadi jalur alternatif dari Salatiga ke Yogyakarta via Magelang. Lokasi outlet kopi Klotok pun tak jauh dari kawasan wisata Kopeng.

Kopi-Klotok-1

Liputan ini didukung oleh Enerv0n-C