Photo: Visordown
0
1505

Penerus HD V-Rod, tak Lagi Pakai Mesin V-Twin?

GILAMOTOR.com – Rumor mengejutkan hadir dari pabrikan motor legendaris asal Amerika, Harley-Davidson (HD), yang menguak pengembangan mesin terbaru dan diyakini akan diusung oleh varian V-Rod anyar.

Pasalnya, alih-alih mengembangkan mesin V-twin 90 derajat yang sudah menjadi ciri HD, pabrikan asal Milwaukee, Amerika ini justru mengembangkan mesin berkonfigurasi V4.

Seperti pada foto di atas, yang menampilkan prototipe tiga dimensi (3D) dari mesin V4 tersebut. Dan dikutip dari Visordown, mesin tersebut akan tertanam pada V-Rod baru setelah HD meregistrasi ulang nama Street Rod yang sebelumnya akan menjadi model paling sporty mereka.

Toh demikian, HD sendiri bukan baru-baru ini mengembangkan mesin V4. Sebelumnya sejak awal dekade 2000, HD telah mengembangkan mesin tersebut, terutama untuk model-model sporty mereka dan merek Buell yang merupakan produk motor sport bermesin HD.

Sayang, krisis ekonomi di tahun 2008-2009 di Amerika memaksa mereka menghentikan proyek ini, diikuti dengan tutupnya Buell. Dan jika kabar ini menjadi kenyataan, generasi terbaru V-Rod tentu layak dinanti kehadirannya.