Photo: Gilamotor.com/Gojay
0
973

Setelah Ditinggal Mudik, Jangan Lupa Cek Bagian Motor Ini

GILAMOTOR.com – Saat menyambangi sanak saudara di kampung, banyak dari pemudik yang meninggalkan motornya selama mudik Lebaran. Dan tak jarang, motor ditinggalkan hingga berhari-hari. Ini tentu mempengaruhi performa motor tersebut.

Untuk itu, setelah ditinggal lama sebaiknya hidupkan sepeda motor dengan kick starter untuk mengurangi beban kerja dinamo starter dan aki. Pasalnya, banyak dari pengguna yang meninggalkan motor tanpa mencabut kabel aki. Padahal, meski motor dalam kondisi mati, arus aki tetap ada. Dan tak jarang, ini mengakibatkan aki soak.

Selain itu, mesin yang lama tak dipakai membuat oli akan turun ke bagian bawah. Ketika pertama kali menghidupkan sepeda motor, jangan langsung dihidupkan dan digeber-geber. Sebab, pada saat itu oli masih belum bersikulasi dengan sempurna.

Jika motor memakai rantai, cek kerapatan jarak rantai dan pastikan tidak kering. Sehingga kenyamanan berkendara tetap terjaga.

Jangan lupa pula periksa kondisi tekanan angin ban. Sebab, meski sudah menggunakan standar dua, ban depan yang langsung menempel ke lantai. Dalam waktu lama, hal ini membuat karet ban cepat keras serta akan lebih cepat kempes. Laporan ini dipersembahkan oleh ENERVON-C