Photo: Istimewa
0
1758

Kembali ke Indonesia, Kang JJ Menangis Haru

GILAMOTOR.com – Bali menjadi tempat persinggahan pertama Jeffrey Polnaja di Indonesia sebelum menuntaskan misi mengarungi dunia sejauh 420.000 km. Kedatangannya ke Tanah Air juga disambut haru oleh ratusan bikers di Pulau Dewata.

kang JJ (Sapaan akrab Jeffrey) tak menyangka bahwa misi perjalanan melintasi dunia yang dinamai Ride for Peace (RFP) disikapi dengan antusias.

Setelah tiba di Bali, bikers dari berbagai komunitas tersebut mendampingi Kang JJ melakoni konvoi simpatik dari Pelabuhan Padang Bai menuju Karangasem. Tepatnya, di pusat penjualan perlengkapan gunung dan motor EIGER di Nusapenida.

Pengendara sepeda motor kedua terjauh di dunia ini juga berkesempatan bersilahturahmi dengan para tokoh bikers di Bali.

“Antusias para pecinta sepeda motor di Bali tidak semata-mata karena seorang Jeffrey. Di mata saya mereka adalah gambaran semangat bangsa Indonesia terhadap perdamaian di muka bumi,” kata Kang JJ, Senin (14/9/2015) lalu.

Di Bali, Kang JJ yang didampingi tujuh pengendara sepeda motor kelas adventure, termasuk putera keduanya Reindraprasta Polnaja yang menunggang Triumph Tiger, juga menggelar presentasi di depan ratusan pengendara sepeda motor.

Di sini pula, Kang JJ yang meninggalkan Tanah Air untuk memulai RFP kedua sejak 25 Mei 2012 menumpahkan segala pengalaman yang diraih yang disambut antusias para bikers. Dirinya bahkan sempat menitikan airmata ketika para pemotor yang menyambutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Bertahun-tahun saya menyanyikan lagu kebangsaan seorang diri di negeri orang. Saya sangat rindu. Benar-benar rindu dengan Indonesia,” tutur Jeffrey.

“Saya sadar bahwa diri ini tidak mungkin lagi melakukan petulangan sejauh yang telah saya lakukan selama ini. Tapi saya yakin akan ada anak-anak muda Indonesia yang melanjutkan misi Ride for Peace di masa mendatang.”

“Menjadi tanggungjawab bagi saya untuk memberikan pengalaman ini kepada mereka. Indonesia adalah negara cinta damai, dan itu harus terus diketahui dunia,” lanjut pria kelahiran Bandung, Jawa Barat ini.

Rencananya, usai melakukan lawatan di Bali Jeffrey dan rombongan RFP akan langsung menuju Batu, Malang, Jawa Timur pada Rabu (16/9) pagi. Di Kota Apel tersebut Jeffrey akan diterima komunitas pengendara sepeda motor setempat, sekaligus menjumpai putra pertamanya, Rangga Erlangga Polnaja, yang telah menyiapkan acara di Monkey Garage.

Sehari di Malang, Jeffrey kemudian langsung menuju DKI Jakarta setelah singgah satu malam di sebuah kota di Jawa Tengah. Pada Sabtu, 19 September 2015, seluruh rombongan RFP diagendakan mencapai Jakarta dan melakukan serangkaian kegiatan bersama ratusan pecinta sepeda motor dari berbagai lapisan.

Kegiatan puncak “Road to Finish 420.000Km Jeffrey Polnaja” sendiri bakal dihelat di kantor Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) di kawasan Gelora Bung Karno mulai pagi hari dan diisi dengan pawai Ride for Peace keliling Jakarta.