Photo: Asia Talent Cup
0
776

5 Pebalap Muda Indonesia Lolos Ke Asia Talent Cup 2016

GILAMOTOR.com – Pencarian bibit pebalap di negara Asia melalui Asia Talent Cup 9ATC) 2016 telah masuk tahap akhir.

Ada 13 nama dari beberapa negara Asia yang akan berkompetisi di ATC musim depan. 13 pebalap muda itu datang dari Australia, India, Indonesia, Japan and Malaysia. Sebelumnya, para kandidat juga datang dari Thailand, Qatar, Cina, dan Filipina.

Proses seleksi yang dipipmpin oleh Alberberto Puig diikuiti oleh 126 kontestan yang dibagi dalam 10 kelompok. Setiap kontestan diberi waktu untuk melintasi sirkuit karting Sepang sebanyak 12 lap. Para kontestan tak hanya dituntut menorehkan catatan waktu terbaik tapi juga menunjukkan skill mereka dalam mengendarai motor bebek Honda.

Dari dua putaran skrining, hanya 45 kontestan yang lolos ke tahap dua. Kemudian terisisa 15 kontestan dan tahap berikutnya hanya menyisakan 13 konstestan saja.

Puig menjelaskan bahwa cukup lama untuk menemukan 13 pebalap muda itu karena level mereka punya tingkatan yang sama, dan banyak dari mereka belum punya banyak pengalaman. “Tapi untuk 13 pebalap ini sulit untuk mengevaluasinya,” cetus Puig.

“Pemilihan sangat sulit, tentunya kami membuat kesalahan tapi kami mencoba melakukan seakurat mungkin, kami punya semua sistem data dari Dorna yang banyak membantu kami dan dengan data ini dan semua informasi ini kami mencoba untuk seakurat dan seadil mungkin,” pungkas Puig.

Selain 13 kontestan yang berhasil masuk ke tahap utama ATC, Puig juga menyiapkan 5 kontestan cadangan. 5 kontestan cadangan itu sebagai pengganti jika salah satu dari 13 kontestan utama tidak bisa hadir.

13 pebalap lolos seleksi Asia Talent Cup (SAATC) 2016

Tom Stewart William Edwards (Australia)
Ahamed Kadai Yaseen (India)
Irfan Aradiansyah (Indonesia)
Dwiki Hardhiana Suparta (Indonesia)
Faldhan Novayaser Mardani (Indonesia)
Alif Akbar Utama (Indonesia)
Basyiruddin Samhan Mashuri (Indonesia)
Riku Sugawara (Jepang)
Yuki Kunii (Jepang)
Shogo Kawasaki (Jepang)
Muhammad Izam Ikmal (Malaysia)
Muhammad Khairul Ikhwan Bin Ajis (Malaysia)
Amirul Hakim Bin Mohd Rizal (Malaysia)