Photo: Gilamotor.com/Ary
4
1978

Kejar Kualitas dengan Regulasi Ketat, Banyak Calon Peserta Gagal Ikuti Kustomfest 2015

GILAMOTOR.com – Tidak semua motor modifikasi bisa mengikuti Kustomfest 2015. Buktinya, cukup banyak calon peserta yang gagal turun di event custom bike tahunan ala kota gudeg, Yogyakarta ini.

Lulut Wahyudi, Director Kustomfest 2015 menyambut baik animo custom builder yang dinilainya mengalami peningkatan dari tahun 2014. “Pendaftar tahun ini meningkat dua kali lipat,” ujar Lulut di Jogjakarta Expo Center (JEC), Yogyakarta, Sabtu (3/10/2015).

Akan tetapi, jumlah motor yang bisa dipamerkan sebagai peserta hanya 150 unit saja. “Ada 132 calon peserta yang tidak lolos,” tambah pria ramah itu.

Menurutnya, regulasi yang ditetapkan untuk Kustomfest 2015 ini sangat ketat. “Kami menerapkan bahwa standar motor custom itu ada 4 hal yaitu ide, finishing, technical dan safety.

“Kemudian, motor tiap peserta kita scruteneering. Peserta harus bisa menyalakan mesin, idle (motor menyala dalam keadaan berhenti), cluth (menekan tuas kopling dan motor harus dalam keadaan berhenti), electrical harus menyala dan tes jalan,” papar Lulut dembari menjelaskan kriteria sebuah motor menjadi peserta Kustomfest 2015.

Lulut juga menekankan hal yang tak kalah penting di gelaran kali ini adalah mengenai orisinalitas konsep. “Tanpa disadari modifikator kebanyakan mandapatkan influence dan tanpa disadari mengikuti konsep orang lain,” sahutnya.

Maka dari itu pula Lulut mencanangkan Kustomfest 2015 ini dengan tema “Showin Soul”. Secara garis besar dirinya ingin peserta Kustomfest kali ini menunjukkan identitas diri yang sesuai dengan jiwa masing-masing.

“Kita ingin membangun sebuah standar dengan kualitas dan pride untuk custom di Indonesia. Mari kita angkat nama Indonesia ke internasional dan tunjukkan jiwamu,” seru Lulut.

4 COMMENTS