0
2004

Berapa Harga Honda PCX 150 Jika Diproduksi di Indonesia?

GILAMOTOR.com – Sejak hadir di pasar Indonesia, Yamaha NMax mendapat sambutan luar biasa. Sosok NMax makin mudah ditemukan di setiap ruas jalan raya.

Desainnya mewah dan harga terjangkau, membuat penetrasi skuter bermesin 150cc itu sangat luarbiasa. Harga NMax yang kompetitif jadi salah satu kekuatannya. NMAX non-ABS hanya dijual kurang dari Rp 24 juta dan versi ABS dilepas Rp 27,9 juta.

Kompetitifnya harga jual NMax lantaran sudah diproduksi di dalam negeri dengan konten lokal mencapai 80%.

Lantas bagaimana dengan Honda PCX 150? Sejauh ini penetrasi PCX di Indonesia hanya sekitar 500 unit perbulan. Meski demikian, angka itu dinilai bagus oleh PT. Astra Honda Motor [AHM] lantaran model tersebut berada di segmen yang sempit.

Dikatakan Margono Tanuwijaya Direktur Pemasaran AHM, dengan status PCX 150 yang diimpor dari Vietnam dan dipasarkan seharaga Rp 39,8 juta, penjualan PCX terbilang bagus. Margono menjelaskan, PCX pasarnya unik, karena hanya orang yang mengerti saja yang membelinya.

Lalu berapa harga jual PCX 150 jika diproduksi di dalam negeri? Di sela-sela hajatan akbar Honda Bikers Day di Pacitan Jawa Timur, Margono mengatakan kalau pun PCX diproduksi di Indonesia harga jualnya tetap ada di atas Rp 30an juta.

“Kami sudah melakukan studi bahwa PCX itu berbeda dengan NMAX. Bisa saja diproduksi secara lokal, tapi bila tetap memberikan fitur-fitur yang terbaik, Saya rasa harganya masih di atas Rp 30 juta,” jelas Margono.

Margono pun mengakui bahwa semua kemungkinan bisa terjadi dan AHM tengah mempelajari kemungkinan itu. Namun yang pasti AHM tak mau menurunkan spek PCX hanya untuk menekan harga jualnya.