5
23117

Modifikasi Motor Trail Honda Sonic 150R Trail Bike Tanpa Ubah Sasis

GILAMOTOR.com – Motor Trail berbasis Honda Sonic 150R yang dimodifikasi ini adalah hasil dari Honda Moto Project. Sebuah program lanjutan dari Honda Modif Contest [HMC] yang dibuat oleh PT Astra Honda Motor [AHM] bersama main dealernya.

Moto Project sendiri merupakan sebuah sarana yang dihadirkan AHM untuk memberikan pemahaman dan pengalaman kepada modifikator peserta HMC ikhwal dunia modifikasi. Dalam pelaksanaannya AHM bekerjasama dengan Institut Teknologi Nasional [ITENAS] Bandung. “Di sini [Moto Project] Saya diajarkan mengolah ide untuk diaplikasikan menjadi sebuah desain nyata pada motor yang akan Saya modifikasi,” buka Dwiki Aditya Suryanto, jawara HMC 2014 penggarap modifikasi motor trail Honda Sonic ini.

Moto-Project-Honda-New-Sonic-150R-Trial-Bike-HMC_21

Berbeda dengan karya modifikasi yang pernah dibuat Dwiky sebelumnya. Di Moto Project ia diajarkan bagaimana mengatur atau manajemen kerja modifikasi mulai dari pengembangan ide, langkah awal kerja, hingga karya modifikasi itu lahir dalam bentuk real.

“Biasanya langkah yang Saya lakukan pertama adalah membuat coretan tangan untuk membuat gambar kasar referensi modif. Lalu Saya bongkar motornya dan setelah itu Saya melakukan ubahan motor tanpa ada struktur kerja,” ujarnya.

“Saya bongkar duluan motornya, setelah itu baru mencari apa yang bisa Saya kerjakan untuk memodifikasinya,” lanjutnya.

Moto-Project-Honda-New-Sonic-150R-Trial-Bike-HMC_1

Namun setelah ia ada di dalam tim kerja Moto Project, ia menyadari bahwa apa yang telah ia kerjakan selama ini sangat tak efisien dan cendrung salah. “Di Moto Project, Saya membuat gambar kasarnya yang kemudian ditransformasikan ke dalam bentuk digital di komputer. Setelah itu Saya tentukan, langkah awal apa yang harus Saya lakukan sebelum proses modif dilakukan. Jadi sangat terstruktur dan tak ada hal sia-sia karena semua prosesnya telah ditentukan sebelum proses rombak motor dilakukan,” cerita Dwiky.

Dalam proses modifikasi Sonic 150R menjadi motor trail, ia menjelaskan tak ada ubahan konstruksi sama sekali. Sehingga sangat mudah untuk megembalikan Sonic ini ke dalam bentuk semula.

“Semuanya masih dalam kondisi standar, tak ada ubahan konstruksi sasis. Hanya saja ada beberapa komponen yang harus menggunakan komponen motor lain untuk menyesuaikan tampilan yang ingin dicapai,” terangnya.

Moto-Project-Honda-New-Sonic-150R-Trial-Bike-HMC_4

Moto Project ini diberikan untuk tiga pemenang Honda Modif Contest 2014; Dwiki Aditya Suryanto (Pati), Fernando (Bali) dan Saeful (Banjarmasin). Moto Project dilaksanakan di bawah pengawasan chief advisor Indra Pranajaya dengan team advisor Lulut Wahyudi (Retro Classic Cycles), Amirul Nefo (Itenas) dan Fred Soritua Rudiyanto Kepala Program Studi Desain Produk Itenas.

Moto-Project-Honda-New-Sonic-150R-Trial-Bike-HMC_3

Kita mengenalkan apa yang dinamakan design by drawing, menyangkut karakter pemenang termasuk ke tahapan produksinya hingga sumber daya pengrajinnya. Selain itu diberikan pula pemahaman mengenai detail part-part motor Honda serta part modifikasi,” tegas Fred Soritua.

Motor ini sengaja dibuat tanpa melakukan perombakan besar-besaran pada sasis sehingga mudah ditiru jika ada orang yang ingin melakukan modifikasi dengan style yang sama.

Spesifikasi Motor Trail Honda Sonic 150R

Frame Sonic 150R
Mesin Sonic 150R
Roda depan 19″ x 2.15″ IRC
Roda belakang 16 x 2.15″ IRC
Front end Honda CBR150R
Knalpot Handmade by Razzle Dazzle Chopper Works
Bodi Galvanized by Razzle Dazzle Chopper Works
Painting Razzle Dazzle Chopper Works & Sena
Setang Protaper
Lampu depan Trial
Lampu belakang Trial
Footstep Custom by Razzle Dazzle Chopper Works

5 COMMENTS