Photo: Yamaha MotoGP
1
962

MotoGP Valencia: Rossi Tetap Ikut Kualifikasi

GILAMOTOR.com – Pemimpin klasemen MotoGP 2015 Valentino Rossi menyelesaikan sesi latihan bebas hari pertama di Valencia dengan hasil yang bagus.

Di FP1 Rossi mengakhiri sesi itu di posisi ke-5 dengan 1m, 31.665 detik atau terpaut 0.415 detik dari pebalap tercepat di sesi itu, Marc Marquez. Di FP2 Rossi ada di posisi ke-4 dengan 1m 31.475 detik atau lebih lambat 0.364 detik dari rekan satu tim yang juga rival utama dalam perebutan gelar juara dunia musim ini, Jorge Lorenzo.

Meski pebalap Italia ini akan melakoni balapan pamungkas dengan hukuman start dari posisi paling belakang, namun Rossi mengaku percaya diri menghadapi balapan akhir musim ini.

“Saya cukup senang, cukup puas di hari Jumat ini karena kami memulai dengan bagus sejak pagi dan khususnya kami bekerja baik sepanjang latihan bebas dan mampu meningkatkan lap time menyelesaikan putaran. Begitu juga dengan ban, di sini sangat penting mengingat balapan akan panjang dan ban banyak slide,” buka Rossi.

Rossi mengakui di siang hari semua berjalan bagus dan merasa lebih kompetitif dibanding sesi latihan di pagi hari.

“Kami juga memutuskan bekerja dengan ban kesar dan Saya cukup kuat saat itu, Saya merasa bagus dengan motor di beberapa lap times yang kami selesaikan. Jadi [Ban belakang kompon keras] bisa jadi opso untuk balapan, khususnya karena memulai balapan dari belakang,” sambung Rossi.

Tentunya Rossi juga mencoba ban yang lebih lunak [ban belakang medium] yang mana bisa dipastikan Rossi bisa lebih cepat dan mudah khususnya di awal-awal laps. Meski bedanya tak terlalu besar, tapi dengan ban medium bisa melesat sedikit lebih cepat. “Jadi kami harus putuskan cara mana yang akan kami gunakan nanti.”

Meski menjalani semua sesi di bawah hukuman, Rossi mengakui kalau dia akan menjalani tiap kualifikasi seperti biasa meski pada akhirnya lap times yang dihasilkan tak akan berarti, ia akan tetap start dari posisi paling belakang

1 COMMENT