Photo: Gilamotor.com/Ary
0
1708

Pembuktian, IRC Fasti1 Apik ‘Menggigit’ Aspal Sentul di Final YCR 2015

GILAMOTOR.com – PT Gajah Tunggal Tbk kembali memperlihatkan dukungan penuhnya kepada PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Produsen ban IRC Fasti ini tampil sebagai sponsor di gelaran final Yamaha Cup Race yang berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jum’at (13/11/2015).

Dodiyanto, Product Development Specialist PT GT Radial Tbk mengatakan siap tampil di seri puncak ini. “Kami selalu mendukung acara-acara Yamaha. Apalagi, ban IRC juga sudah menjadi OEM sepeda motor Yamaha dari dulu. Makanya, kemesraan itu juga berlanjut di event ini,” terang Dodi sembari menebar senyum.

Tidak main-main, produk yang disiapkan IRC untuk final YCR 2015 ini juga terbilang lengkap. “Kita sudah sediakan dua jenis ban IRC Fasti1 berspesifikasi full slick dan Fasti3 untuk ban basahnya,” terang Dodi di samping area pit penggantian ban milik IRC.

Setidaknya, ada 350 unit ban IRC Fasti1 dan Fasti3 yang disiapkan IRC untuk ajang ini. “Itu termasuk ban untuk tim YCR yang kita support,” tambahnya.

Development yang sempurna dari sang produsen nyatanya sangat mempengaruhi penampilan para pebalap dukungan IRC bertarung di Sentul besar. Padahal, IRC Fasti1 dan Fasti3 juga dikembangkan melalui sirkuit permanen yang kecil seperti Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya.

Performa si karet bundar tersebut justru memperlihatkan performa yang maksimal. “Terutama Fasti1 sangat tepat untuk sirkuit permanen seperti ini (Sentul),” sahut Dodi.

Ini terlihat dari penampilan positif dari para pebalap. Sebut saja Wawan Wello (Yamaha YSS IRC NKH Yonk Jaya) yang berhasil menjuarai kelas YCR3, Aldy Satya Mahendra (Yamaha GHP 99 Racing Ardians) sukses juara di kelas YCR5 dan YCR6 dan Syahrul Amin (Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin NGK Bahtera Racing) sebagai runner up kelas YCR1.

Syahrul mengakui performa Fasti1 yang dipakainya saat balap YCR1. “Ban sangat gigit pas balapan. Tekanan angin yang saya minta adalah 19-20 psi (depan-belakang). Sebelumnya, waktu latihan saya pakai 18-19 psi,” kata Syahrul.

Komposisi ban IRC Fasti1 yang didesain untuk menunjang durabilitas serta grip juga terletak pada penggunaan benang jenis kevlar atau aramyd. “Karakter saya suka menikung dengan kecepatan tinggi. Dan, ban lebih nge-grip. Ban IRC Fasti1 sesuai dengan gaya balap saya,” tukasnya.