Photo: Gilamotor.com/Ilham
0
1254

Yamaha Produksi NMax 16 Ribu Unit Perbulan, 70 % Untuk Pasar Indonesia

GILAMOTOR.com – Desain yang mewah dan harga yang kompetitif jadi salah satu sebab larisnya skuter bongsor bermesin 150cc, NMax.

Diakui Yamaha, kini jumlah produksi rata-rata perbulan mencapai 16 ribu unit. Skuter yang diproduksi di pabrik Yamaha Pulo Gadung itu dijual Rp 27,4 juta [ABS] dan Rp 24 juta [Non ABS].

Assistant General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Mohammad Masykur, menjelaskan bahwa tingginya komponen lokal yang digunakan untuk memproduksi NMax membuat skuter itu bisa dijual dengan harga yang cukup memikat.

“Bukan murah, tapi hitungan harga itu susah sesuai, dan memang harusnya seperti itu,” buka Masykur di Pangandaran, Jawa Barat (6/11/2015).

Masykur juga menjeskan kalau kandungan lokal skuter NMax mencapai 85%. “Sekitar 15% bahan baku yang digunakan di NMax masih impor karena bahan baku pembuatan komponen NMax tak ada di Indonesia, makanya harus impor,” jelas Masykur.

“Tapi yang diimport hanya bahan bakunya saja, pembuatan komponennya tetap di Indonesia,” jelasnya lagi.

Selain untuk pasar Indonesia, Yamaha NMax juga dijual ke negara-negara Asia Tenggara dan Eropa. Bahkan di November 2015 ini NMax akan menjajaki pasar sepeda motor Jepang.