Photo: Gilamotor.com/Ary
0
825

Yamaha: YCR Wadah Tepat untuk Membentuk Pebalap Muda

GILAMOTOR.com – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengakui Yamaha Cup Race banyak melahirkan pebalap berbakat. Terutama untuk membentuk pebalap muda yang butuh edukasi untuk meningkatkan profesionalismenya.

Hal ini diakui Supriyanto, Motorsport Manager PT YIMM saat melangsungkan gelaran final YCR 2015 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Salah satu caranya adalah melangsungkan seri pamungkas di sirkuit Sentul besar. Tujuannya adalah menggali skill mereka agar terbiasa balapan di sirkuit permanen yang besar.

Akan tetapi, kenyataannya masih banyak yang perlu diperhatikan oleh para pebalap, khususnya rider muda. “YCR tahun ini cukup bagus karena tumbuhnya rider-rider baru yang masih sangat muda,” kata Supriyanto dari pinggir lintasan, Jum’at (13/11/2015).

Bahkan, dia menyebut ada sekitar 70% pebalap muda yang bertarung di final YCR 2015 ini. “Tapi, mereka ini harus dimaintain dan memahami regulasi. Seperti aturan main di sirkuit, basic mengenai flag,” papar Supriyanto.

Ini disebutkannya karena masih banyaknya pelanggaran yang dilakukan. Ini maklum lantaran cukup banyak peserta yang belum pernah balapan di Sirkuit bertaraf internasional seperti Sentul.

“Sebagai edukasi, sebelum race kita sudah melakukan briefing mengenai ketentuan tadi. Jika ada pelanggaran tetap kita berikan sanski (walau tidak berat). Intinya akan kita pertegas (soal aturan),” lanjutnya lagi.