0
1208

Ducati Akan Pakai Teknologi Supercharged?

GILAMOTOR.com – Kawasaki sukses dengan mesin turbo yang ditanam di Ninja H2 dan H2R. Lepas itu, Suzuki dirumorkan tengah mempersiapkan line up terbaru dengan mesin turobo. Dan kini rumor datang dari pabrikan motor Italia, Ducati.

Dikabarkan, Ducati tengah mempersiapkan Panigale yang akan dicangkokkan mesin turbocharged untuk model 2016.

Bukan untuk kecepatan semata. Dikatakan Ducati, pengaplikasian rekayasa teknologi baru itu untuk memenuhi standar emisi EURO 4, dimana Eropa dan Amerika punya aturan kuat soal emisi gas buang kendaraan bermotor.

Meski belum ada keterangan resmi dari Ducati, tapi indikasi pengembangan rekayasa teknologi oleh Ducati mengarah ke sana.

Dikatakan Vehicle Innovation Manager Ducati, Stefano Strappazzon, saat ini Ducati tengah mengembangkan rekayasa teknologi untuk memenuhi standar emisi yang ditetapkan di kedua negara tersebut.

Imbas dari penekanan kadar karbon gas buangnya adalah menurunan perfoma, karena ada beberapa komponen yang harus mengalami perubahan salah satunya dalah knalpot. Untuk itu, pengembangan teknologi agar emisi berkurang tanpa mengurangi performanya dirasa perlu dilakukan.

Ducati 959 Panigale adalah salah satu yang terkena imbas dari aturan emisi itu. Suara yang keluar dari rekayasa sistem knalpot baru membuat penggemarnya merasa kurang puas. Suara yang keluar dianggap bukanlah suara Ducati Panigale yang seharusnya. Kasak-kusuk soal tenaga Panigale sendiri sudah ramai sejak awal tahun lalu khususnya di forum-forum penunggang 959 Panigale.

Ada dua kemungkinan yang akan dilakukan Ducati, pertama menggunakan turbocharged atau menggunakan mesin konvigurasi V4.