Photo: Istimewa
0
1250

Huni 10 Besar QTT ARRC Thailand SS600, Dua Rider Indonesia Siap Tampil All Out!

GILAMOTOR.com – Dua rider Indonesia, H.A Yudhistira dan Dimas Ekky Pratama siap bersaing di laga akhir Asia Road racing Championship (ARRC) Thailand. Keduanya berada di urutan 10 rider tercepat di kualifikasi kelas Supersport 600 di Sirkuit Chang International, Jum’at (4/12/2015).

Seluruh rider yang turun di kelas utama ini langsung memperlihatkan determinasinya untuk meraih lap time tercepat. Pencapaian waktu para pebalap juga meningkat cukup signifikan.

Yuki Takahashi tampil mendominasi karena selalu menjadi rider tercepat di FP2 dan FP3. Pun demikian dengan aksinya di kualifikasi. Pebalap Jepang ini berhasil berdiri di pole position dengan torehan 1 menit 39,194 detik.

Rider tuan rumah juga tak ingin kalah saing. Decha Kraisart nyatanya mampu menguntit di urutan kedua dengan selisih 0,369 detik.

Tak hanya itu, Yudhistira juga sanggup meningkatkan lap time di kualifikasi. Perolehan waktu 1 menit 39,609 detik yang dicapainya membuat gap dengan Takahashi tidak terlalu jauh yakni 0,415 detik saja.

Asa Yudhistira untuk bercokol di urutan kedua klasemen ARRC kelas SS600 terbuka. Namun, dirinya harus mewaspadai serangan Tomoyoshi Koyama yang ada di urutan 4 saat balapan akhir pekan ini. Sementara peluang Yuki Ito untuk menekan Yudhistira cukup kecil karena Ito akan start dari posisi 17.

Peningkatan performa juga dilakukan Dimas Ekky di sesi akhir tadi. Setelah melakukan berbagai penyesuaian, Dimas melakukan improve untuk catatan waktunya. Sebelumnya (FP1), Dimas merasakan friksi saat keluar tikungan yang membuat tim mekanik Astra Honda Racing Team (AHRT) menyeting ulang suspensi depan.

Dalam keterang resminya, Anggono Iriawan, Motorsport Manager & Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan tim AHRT melakukan setting ulang Honda CBR600RR. Buktinya, lap time Dimas Ekky terus membaik. Pencapaiannya di kualifikasi adalah 1 menit 40,277 detik dan menempatkannya di urutan 9.

Anggono mengatakan pebalap mereka akan berusaha tampil maksimal dengan memberikan hasil terbaik. Namun, Dimas Ekky juga harus bisa menaklukkan Ryuji Yokoe (Jepang) dan empat rider Thailand yang akan start di depannya.

Sementara itu, rekan Dimas Ekky di AHRT yakni Andi Farid Izdihar terpaksa menjalani seri pamungkas ARRC SS600 dari posisi 17. Kejatuhannya di FP3 sebelum kualifikasi tampaknya masih berdampak pada tunggangannya.

Pebalap Indonesia lainnya yaitu Rafid Topan Sucipto berada satu tempat di belakang Andi. Namun, pencapaian Topan juga lebih baik dari seniornya di tim kagayama Suzuki Asia, Noriyuki Haga.

Hasil-QTT-Supersport-600cc-Final-ARRC-buriram