Photo: Gilamotor.com/Ary
3
1590

Test Rider Suzuki MotoGP Buka Rahasia Teknologi SSG

GILAMOTOR.com – Kedatangan Nobuatsu Aoki ke Indonesia tidak hanya bertugas sebagai mentor para finalis Suzuki Indonesia Challenge (SIC) 2015. Mantan rider MotoGP ini juga mengungkap rahasia teknologi anyar Suzuki yang akan dipakai musim depan.

Seperti diketahui, pada MotoGP 2016 Suzuki akan membekali GSX-RR dengan Seamless Shift Gearbox (SSG). Dan, Aoki mengatakan perangkat ini adalah senjata untuk bisa menyaingi rider tim papan atas.

Aoki menjadi salah satu rider yang menguji kuda besi racikan Suzuki. Menurutnya, ada peningkatan signifikan saat menggunakan SSG dibanding quick shift.

“Perpindahan gigi lebih cepat dan mulus daripada transmisi quick shift. Mengoper gigi bisa sambil buka gas dan memutus aliran api beberapa saat,” kata Aoki saat berbincang dengan rekan media di Sirkuit sentul, Bogor, Jawa Barat (20/12/2015).

Hal ini menurutnya jauh berbeda dengan penerapan quick shift. Ketika melakukan perpindahan gear bisa kehilangan waktu dan akselerasi berkurang sejauh 2 meter.

Aoki menjelaskan perbedaan SSG dan quick shift terletak pada kerapatan gigi antar gear. SSG lebih rapat, sementara quick shift lebih renggang.

“SSG Suzuki juga punya shaft yang menghitung counter shaft saat perpindahan gigi. Ini berbeda dengan merek lain dan menjadi senjata Suzuki,” ungkap Aoki lagi.

Dasar inilah yang membuat Aoki berujar bahwa Suzuki akan bersaing tahun depan. “Saya pikir bisa bersaing dengan Yamaha,” sahutnya.

Jika melihat perkembangannya, rasanya wajar jika Jorge Lorenzo sedikit khawatir dengan Suzuki (baca di sini). Pencapaian Maverick vinales ketika menjalani tes privat di Sepang, Malaysia cukup baik.

Namun, ada beberapa hal juga yang harus dibenahi tim Suzuki. Termasuk, pula soal adaptasi ban berukuran 17 inchi yang disiapkan Michelin dan ECU tunggal yang diberlakukan tahun depan.

3 COMMENTS