6
3576

Touring Dengan Skutik, Lakukan Langkah Perawatan Ini

GILAMOTOR.com – Performa skutik tak hanya bisa dinikmati untuk mobilitas dalam kota saja. Meski secara postur dan fitur sangat memberi banyak manfaat penggunanya untuk menembus padatnya lalulintas kota, skutik juga handal untuk menempuh perjalanan jauh seperti touring

Sama seperti motor kebanyakan, skutik juga harus mendapatkan perawatan terlebih setelah melakukan perjalanan jauh. Lantas apa saja yang harus diperhatikan dan dilakukan setelah melakukan perjalanan jauh dengan skutik?

Ramdah Juhari, seorang Service Advisor sebuah dealer motor Jepang di bilangan Cianjur menjelaskan, langkah pertama adalah mengganti oli dan mengecek beberapa komponen di bagian mesin.

“Minimal pengganti oli mesin, busi dan pengecekan filter udara,” jelasnya. Yang harus diperhatiaan saat mengganti oli adalah spesifikasinya. Karena biasanya, usia pakai mesin di atas dua tahun akan membutuhkan spesifikasi berbeda dibanding mesin dengan usia pakai di bawah tahun tahun.

Setelah melakukan pekerjaan di sektor mesin, langkah berikutnya adalah pengecekan kaki-kaki. Kontur dan kondisi jalan di Indonesia yang beragam, membuat bagian ini juga punya beban kerja yang cukup berat.

Lakukannya pemeriksaan suspensi depan, jika perlu ganti oli sok (idealnya 15.000 Km). Langkah penggantian oli sok ada baiknya diikuti dengan mengganti seal dan bearing-nya. “Kalau tidak akan berpengaruh dengan peredamannya,” lanjut Ramdan.

6 COMMENTS

  1. aku pakai motor matic tiap hari buat jalan 120 km, apakah aman motor itu?? atau akan rusak??
    soal ganti oli gak prnah telat,ganti tiap 2000 km,dan servis tiap 4000 km