Photo: www.dakar.com
0
621

Cuaca Ekstrim, Etape Pertama Dakar Rally 2016 Batal Digelar

GILAMOTOR.com – Seluruh peserta yang turun di ajang Dakar rally 2016 harusnya melakoni etape pertama kemarin, Minggu (3/1/2016). Namun, cuaca ekstrim memaksa laga awal tersebut batal dihelat.

Hujan badai yang melanda Argentina membuat panitia lomba memutuskan tak menggelar etape pertama Dakar Rally 2016. Apalagi, situasi tersebut juga melanda wilayah Rosario yang notabene menjadi lokasi start.

Beberapa sumber mengatakan, ini dilakukan demi keselamatan para pebalap. Awalnya, penyelenggara menawarkan solusi dimana seluruh peserta untuk bisa konvoi hingga ke check point pertama.

Akan tetapi, cuaca tak kunjung berubah. Tim medis dan helikopter pemantau tak bisa melihat kondisi di bawahnya. Untuk itu, secara tegas etape pertama Dakar Rally dibatalkan.

Rencananya, hari ini (4/1/2016) peserta akan melanjutkan kompetisi di Villa Carlos Paz yang ditetapkan menjadi lokasi etape kedua. Sementara bagi peserta ATV dan motor akan melalui jalur lebih pendek dan sudah termasuk lintasan SS (spesial stage) sepanjang 450 km.

Hari perdana Dakar Rally dikenal sebagai balap barbahaya. Bukan hanya pebalap, balapan ini juga berbahaya bagi penonton. Bahkan, Di hari pertama kemarin sebuah mobil yang dikemudikan pebalap wanita menabrak 10 orang penonton yang hadir di sesi prologue.