Photo: Yamaha MotoGP
6
1674

Kenapa MotoGP harus di Indonesia? Ini Pandangan Rossi

GILAMOTOR.com – Dukungan untuk mengadakan MotoGP di Indonesia datang dari Valentino Rossi. Menurutnya, ini penting karena Indonesia memiliki kriteria sebagai tuan rumah.

Rossi kembali menyambangi Tanah Air untuk memenuhi undangan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Tidak sekedar menjadi ikon peluncuran Yamaha Xabre, VR46 juga menyatakan pandangannya tentang rencana keikutsertaan Indonesia sebagai penyelenggara MotoGP.

“Terakhir kali aku ke sini adalah 2013. Dan, sejak saat itu semangat MotoGP tak pernah berkurang. Fans MotoGP terus meningkat setiap tahunnya,” buka Rossi.

Rider Yamaha Factory Racing ini mengatakan, antuasias yang tinggi tentu menjadi faktor pemikat untuk diadakannya MotoGP Indonesia. “Suatu saat, MotoGP harus diadakan di sini karena sebelumnya kebanyakan fans hanya bisa mengikuti MotoGP di tv saja,” tambahnya.

Dari segi bisnis, Rossi juga sangat paham Indonesia adalah pasar besar untuk roda dua mengalahkan Eropa.

Dua alasan tersebut selaras dengan  ungkapan Imam Nahrawi, Menteri Pemuda dan Olahraga (baca di sini). Terkait rencana MotoGP Indonesia, pihak pemerintah tengah berupaya keras merealisasikannya.

Pihak Kemenpora menyatakan MotoGP Indonesia akan sesuai rencana awal yakni 2017-2019. Namun, Sirkuit Sentul yang awalnya dijadikan lokasi tunggal justru dieliminasi.

Pada rapat gabungan yang melibatkan beberapa kementerian beberapa hari lalu, Kemenpora menegaskan proyek MotoGP Indonesia akan digawangi pemerintah. Sementara untuk sirkuit, panitia dan pihak terkait lain sedang menyiapkan ‘skenario’ pemilihan sirkuit baru. Nominasi terkuat merujuk pada Palembang, Sumatera Selatan. Bagaimana kelanjutannya?

6 COMMENTS