Photo: Gilamotor.com/Ary
4
1399

MotoGP Indonesia: Sentul tak Dipilih, Pemerintah Siapkan Opsi di Jakarta atau Palembang

GILAMOTOR.com – Sinyal pembatalan Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat sebagai lokasi MotoGP Indonesia semakin jelas. Sebagai opsi, pemerintah akan mencari sirkuit baru untuk helatan akbar tersebut.

Keputusan Presiden Joko Widodo untuk menunda penandatanganan Keputusan Presiden (Keppres), berdampak pada dicoretnya Sentul yang tadinya menjadi satu-satunya calon.

Seperti dikutip melalui website resmi setneg.go.id Jokowi meminta penyelenggara untuk mengkalkulasi beberapa alternatif sirkuit dan segera diputuskan.

Maklum, penyerahan dokumen ke pihak Dorna Sports sudah dekat yaitu 30 Januari 2016. Untuk itu, beberapa kegiatan terkait pelaksanaan Indonesian MotoGP 2017-2019 pun terus dilakoni.

Salah satunya terjadi kemarin (25/1/2016). Kemenpora yang berinisiatif sebagai penyelenggara kembali mengundang pihak terkait yang ada di draft Keppres.

Pada rapat di kantor kemenpora, Senayan, Jakarta Selatan itu, Alfitra Salamm, Sesmenpora dan Gatot S. Dewabroto, Deputi Bidang Harmonisasi dan Kemitraan serta Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Faisal Abdullah memimpin rapat lintas kementerian.

Rapat awal ini diikuti beberapa perwakilan dari Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pariwisata, Kementerian Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Keuangan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan dan kementerian/lembaga lainnya. “Rapat gabungan ini membahas kelanjutan dari rencana pelaksanaan Moto GP yang akan dilaksanakan di Indonesia pada tahun 2017,” kata Sesmenpora dikutip melalui kemenpora.go.id

Dalam kesempatan itu, Alfitra menegaskan bahwa pemerintah lah yang akan menjalankan proyek tersebut. Bahkan, dirinya berujar tengah mencari opsi lokasi untuk membuat sirkuit baru selain Sentul.

“Intinya pemerintah yang akan menyelenggarakan Moto GP dan menyiapkan beberapa opsi lokasi yakni di Jakarta atau di Palembang, untuk itu dibahas pula perlunya Inpres (Instruksi Presiden) alokasi anggaran untuk Kemen PU, Kemenpar dan Kemenpora berkaitan dengan infrastruktur serta perlunya Keppres (Keputusan Presiden) untuk panitia penyelenggara 2017 sehingga bulan ini agar selesai dibahas mengenai infrastruktur dan kepanitiaan,” terangnya.

Dan, pihak Kemenpora juga menegaskan bahwa Sentul tidak akan dijadikan sebagai lokasi dilangsungkannya MotoGP Indonesia. Meski akan banyak tantangan terutama pembangunan sirkuit baru, mereka meyakinkan bahwa MotoGP Indonesia akan tetap pada jadwalnya.

4 COMMENTS