Photo: BMW Motorcycles
1
2143

Motor 310cc TVS-BMW Lahir di Indonesia, Berpengaruh dengan PPnBM?

GILAMOTOR.com – PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI) memberikan kepastian soal kedatangan produk kolaborasi TVS dan BMW. Kemunculannya pun diyakini berlangsung tahun ini.

TVS tetap konsisten bermain di segmen yang berbeda. Ini terlihat dari beberapa line up produknya dimana selalu menampilkan kapasitas mesin berbeda.

Sebut saja TVS Apache RTR 180 dan Apache RTR 200 yang baru saja mengaspal. Ini diyakini menjadi strategi pihak pabrikan untuk mengambil porsi kue konsumen motor 150cc yang ingin baik kelas.

Nah, kenyataannya inovasi TVS tidak berhenti pada Apache RTR 200. TMCI mengkonfirmasi akan ada produk baru lain yang juga akan diresmikan. Kerjasama TVS dan BMW ternyata merujuk pada BMW G 310 R.

Rizal Tanjung, Head of Marketing PT TMCI mengatakan motor itu juga bakal dijual di Tanah Air. “Kami akan hadirkan juga motor TVS dengan platform sama dengan BMW. Kapasitas mesinnya 310 cc,” ungkapnya.

Rizal berharap produk ini bisa dirilis pada semester II tahun ini. Dan, harganya juga kompetitif. Diharapkan harganya mirip dengan motor 250cc dari Jepang,” papar Rizal.

Tentu saja pihak TVS atau konsumen harus memperhatikan perihal Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Seperti disebutkan oleh Departemen Keuangan, kendaraan roda dua dengan isi silinder lebih dari 250cc-500cc akan dikenakan tarif 60% dari harga unit.

Namun, hal tersebut bisa saja dikesampingkan khalayak jika TVS punya hal menarik untuk produknya nanti. Desain motor 310cc dari TVS tampaknya tak sepenuhnya ‘menyontek’ desain BMW G 310 R. Kabar yang dihembuskan mengatakan motor terbarunya akan mengusung tubuh full fairing.

1 COMMENT