Photo: Autoevolution
7
8839

Persembahan tak Umum Deus untuk Soichiro Honda

GILAMOTOR.com – Deus Jepang mengkreasikan Honda C105 Super Cub sebagai bentuk penghargaan kepada Soichiro Honda. Ubahan yang ditampilkan pun terbilang radikal dan keluar dari pakem motor bebek kebanyakan.

Tahun lalu, Honda memutuskan untuk mereinkarnasi super cup yang sempat ditelurkannya 1958 silam. Namun, para builder Deus di Jepang punya cara lain mengapresiasi karya sang pencetus ‘sayap mengepak’.

Honda C105 Super Cub lansiran 1961 pun kemudian diracik ulang. Tak lagi menjadi sebuah motor bebek, Deus justru menyajikannya dengan tampilan ala motor balap jadul.

Untuk mewujudkannya, Deus Jepang yang dipimpin Matthew Roberts, Director of Motorcycle Operation Deus Jepang menambahkan composite body.

Walau tampak telanjang, Body yang melintang tersebut digunakan untuk menempatkan speedometer, tangki bahan bakar, aki serta instalasi kabel. Lebih rapih!

Sektor performa tak luput dari perhatian. Super cub yang sejatinya hanya mengandalkan mesin OVH 4 tak dengan 3 speed 49cc itu pun ditingkatkan menjadi 60cc.

Karena dipakai untuk balapan TT Race, Deus juga harus menanggalkan beberapa perangkat bawaan Honda C105 agar sesuai dengan blueprint awal. Alhasil, lampu utama, belakang dan sein pun diganti. Sedangkan setangnya dibuat lebih menunduk.

Untuk meningkatkan kemampuannya di lintasan, Deus menyematkan suspensi khusus balap dan menyempurnakan perangkat rem buatan Honda. Kesan mewah juga tampak pada motor ini dimana Deus mempercayakan pengerjaan desain jok untuk modifikasinya kepada pengrajin lokal, Miauchi San.

7 COMMENTS