Photo: Gilamotor.com/Ary
0
870

All New Honda CBR150R Tawarkan Kelincahan, Apa yang Baru?

GILAMOTOR.com – Konsep “Total Control” menjadi unsur utama yang ditawarkan PT Astra Honda Motor (AHM) terhadap All New Honda CBR150R. Apa yang menjadi keunggulan dari produk baru mereka ini?

Berbeda dari generasi CBR150R terdahulu, motor hasil buatan Honda Indonesia ini berevolusi dengan menyuguhkan desain agresif dengan peningkatan aerodinamika.

Konsep merujuk pada light weight sport di Tokyo Motor Show

Prototipe yang ditampilkan pada gelaran Tokyo Motor Show 2015 menjadi inspirasi dalam penggarapan All New CBR150R.

“Kami menamakan konsep baru ini sebagai “Speed Shape”, dan kami menghadapi berbagai tantangan tersendiri dalam menyempurnakan hal ini. Satu contoh dari arahan baru ini adalah konsep desain yang kami tampilkan di Tokyo Motor Show tahun lalu. Dan, rekan-rekan sekalian dapat melihat generasi terbaru CBR150R ini sebagai wujud dari pendekatan yang sama,” papar Toshiyuki Inuma, President Director PT AHM saat peluncuran di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/2/2016).

Daya tariknya tampak pada desain fairing depan yang lebih menunduk demi menyajikan visibilitas prima. Tampilan muka nan garang dengan pengaplikasian penerangan full LED.

Rangka ringan

Inuma menjelaskan All New CBR150R dilengkapi sasis lebih ringan dan massa yang diarahkan ke titik pusat lebih baik. “Seluruh perubahan ini menghadirkan total kendali yang menyenangkan sesui keinginan pengendara di segala lintasan balap maupun jalan,” tambah Inuma San.

Kenji Kawai, Large Project Leader Honda R&D Co., Ltd. Motorcycle R&D Center memaparkan All New CBR150R lebih ringan 5 kg dari versi lawas. Keuntungan tersebut diklaim berdampak pada kemudahan handlingnya. Tentu saja didukung dengan penggunaan Truss Diamond Frame dan aluminium engine hanger yang memberikan stabilitas pada sang kuda besi.

Untuk menunjang, AHM melengkapi All New Honda CBR150R dengan desain jok sporty. Secara keseluruhan, body motor juga dibuat lebih kompak dengan rear cowl lebih pendek. Namun, swing arm dan wheelbase lebih panjang dan suspensi belakang Pro-Link.

Peningkatan performa

Perbaikan pada sektor mesin menjadi hal utama demi melengkapi performa All New CBR150R. Mesin DOHC 4 valve 150cc diklaim lebih bertenaga. Beberapa setingan dilakoni guna mendapatkan respon terbaik dari putaran bawah hingga menengah.

Namun, bukan berarti AHM melupakan kemampuannya di putaran atas. Setingan khusus, terutama pada engine mount yang dibuat 40 derajat, throttle body berdiameter lebih besar (30mm) serta rasio kompresi yang tinggi (11:3) digagas demi mencapai hal tersebut.

Efisiensi juga menjadi perhatian pihak pabrikan. All New CBR150R diyakini mencatat konsumsi BBM 39,72 km/liter.

Untuk mendapatkan sederet ubahan tersebut, konsumen harus membayar All New Honda CBR150R dengan harga Rp 32,5 juta (warna Revolution White dan Nitro Black). Sementara untuk varian livery Honda Racing Red dihargai Rp 33,1 juta dan Moto GP edition yang dipasarkan lebih tinggi yakni 33,3 juta (OTR Jakarta).

All New Honda CBR150R ini akan mulai disistribusi pada Maret 2016. Harapannya motor ini bisa terjual sebanyak 7 ribu unit.