18
6533

First Ride Yamaha Xabre, Beri Suguhan Gaya Supermoto

GILAMOTOR.com – Rasanya sudah cukup bicara masalah desain Xabre yang terlihat sedikit ekstrim dibanding motor 150cc Yamaha lainnya. Saat awal kemunculannya di Thailand [M-Slaz], setidaknya kalimat “Wah keren” akan terucap dari mulut orang yang melihatnya.

Sekarang saatnya kita bicara masalah rasa berkendara dan performanya.

Impresi awal, motor ini terasa cukup tinggi. Tapi karena bobotnya yang ringan, jadi tak terlalu masalah saat sedang berhenti. Kaki cukup mudah menahan bobotnya. Sementara untuk posisi berkendaranya, badan cukup tegak dan kedua tangan dipaksa melebar layaknya membawa supermoto. Maklum, stang nya baplang.

Saat melaju, bobot motor terasa ada di bangain depan, lataran bagian depan motor yang sedikit beraura minor fighter ini memang lebih padat ketimbang ekornya. Namun demikian, pengendara bisa berkendara dengan posisi rileks.

Dulu saat Yamaha Byson diluncurkan, Yamaha pernah bilang “Bawanya harus sombong,”. Nah kalau pakai Xabre rasanya bisa terlihat sedikit lebih sombong. Maklum, posisi berkendara dan gaya berkendaranya memaksa Anda terlihat sedikit lebih angkuh karena posisi tangan dipaksa melebar, sudut siku lebih kecil dan posisi badan lebih tegak.

Bicara masalah pengendaliannya, Xabre cukup mudah untuk diajak bermanuver di tikungan. Hanya saja ada sedikit perbedaan gaya berkendara dibanding Anda mengendalikan V-Ixion atau Byson. Jika Anda cukup bernyali, sesekali Anda bisa mencoba gaya menikung supermoto, sliding. Tapi ingat, jangan menggunakan gaya menikung ini di jalan raya. Anda bisa mencobanya di sirkuit.

Lantas bagaimana dengan performanya? Dari pengelaman menggeber Xabre di Sentul, walau sebentar, bisa dirasakan kalau performa Xabre tak banyak perdedaan dengan V-Ixion. Hanya saja akselerasi awal tak segalak V-Ixion. Itu bisaa disebabkan karena torsi Xabre yang sedikit di bawah V-Ixion. Juga karena bobotnya yang lebih berat dari V-Ixion, membuat Xabre tak seagresif X-Ixion.

Tapi secara keseluruhan, Xabre mampu memberi nuansa berbeda dan pilihan baru bagi pecinta motor sport 150cc di Tanah Air.

18 COMMENTS

  1. Sudah test ride.untuk produk yamaha dlm naked bike lumayan menantang pangsa pasar indonesia.salutbuat yamaha indonesia