Photo: Astra Honda Racing Team
0
4147

Positif di Tes Pra Musim, Pebalap Indonesia Optimis Cetak Prestasi di ATC 2016

GILAMOTOR.com – Pebalap muda Indonesia yang diutus PT Astra Honda Motor (AHM) membuka peluang untuk tampil maksimal di Asia Talent Cup (ATC) 2016. Hal ini terlihat dari pencapaian mereka saat menjalani tes pra musim 2016 di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Peserta ATC tahun lalu masih digdaya memimpin jalannya tes pra musim 2016 di Sirkuit Sepang, Malaysia. Satu diantaranya adalah Andi Gilang Izdihar yang tampak memberikan persaingan terhadap Somkiat Chantra yang tampil sempurna.

Dalam dua hari gelaran tes, Chantra selalu mencatat lap time tercepat. Namun, pencapaiannya juga terus coba dipatahkan oleh Andi Gilang. Meskipun, rider yang bernaung di tim Astra Honda Racing Team (AHRT) ini harus mengakui keunggulan rider Thailand tersebut.

Usai menuntaskan tes di hari kedua kemarin (10/2/2016), Chantra menorehkan waktu 2 menit 17,901 detik. Lebih cepat dari Ai Ogura yang melesat di sesi 5 dengan lap time 2 menit 17,919 detik. Sementara Andi Gilang menyelesaikan tes hari terakhir di urutan tiga besar dengan waktu 2 menit 18,026 detik.

Jalannya tes hari kedua itu juga berjalan menarik karena Alberto Puig, Director ATC mengadakan race simulation sebagai simulasi awal pebalap sebelum memulai musim 2016. Terlebih bagi 15 pebalap yang notebane pertama kali membesut Honda NSF250R.

Tentu saja ini menjadi bekal awal bagi pebalap baru yang diutus AHM. Irfan Ardiansyah, Dwiki Herdhiana dan Alif Akbar Utama memperlihatkan perkembangan yang positif. Sayang, penampilan Faldhan Mardani belum maksimal lantaran beberapa absen di sesi tes dan terjatuh.

Ketiganya kompak akan berusaha meraih hasil terbaik. “Ini adalah pertama kalinya kami balap dengan motor balap yang sesungguhnya. Pertama kali juga turut dalam event bertaraf international. Tidak mudah tentunya karena harus bersaing dengan pebalap dari berbagai negara. kami akan menyiapkan diri agar bisa meraih hasil maksimal di seri pertama Thailand bulan depan. Selain menyiapkan mental, fisik serta mengasah ketrampilan menggunakan motor sport,” dalam rilis AHM.

“Ini merupakan pengalaman berharga bagi pebalap muda AHM, terutama mereka yang baru bergabung dan berkompetisi di level internasional. Hal ini tidak mudah, namun kami yakin bahwa pebalap AHM akan mampu bersaing dan mengukir prestasi membanggakan untuk bangsa ini dengan semangat Satu Hati. AHM akan terus mendorong dan mendukung mereka meningkatkan kemampuan balapnya di sepanjang seri Asia Talent Cup,” kata A Indraputra, GM Marketing Planning and Analysis AHM.

Sementara bagi Andi Gilang dan Gerry Salim, tahun ini akan menjadi musim pembuktian mereka. Apalagi, mereka adalah peserta ATC 2015. Untuk itu, keduanya ingin meminimalisir kesalahan yang akan merugikan mereka sepanjang tahun ini.

ATC 2016 akan berjalan sebanyak 6 seri. Laga awalnya akan berlangsung bulan depan. Berikut jadwal resmi ATC 2016:

1. Seri 1: Chang International Circuit (Buriram/Thailand)/12-13 Maret 2016.
2. Seri 2: Losail International circuit (Qatar)/18-19 Maret 2016.
3. Seri 3: Sepang International Circuit (Malaysia)/14-15 Mei 2016.
4. Seri 4: Zhuhai International Circuit (China)/17-18 September 2016.
5. Seri 5: Twin Ring Motegi (Jepang)/15-16 Oktober 2016.
6. seri 6: Sepang International Circuit (Malaysia)/29-30 Oktober 2016.