Photo: Gilamotor.com
18
5032

Test Ride Suzuki Satria F150 FI, Pembuktian Racikan Terbaru

GILAMOTOR.com – Pertanyaan khalayak seputar performa Suzuki Satria F150 FI (injeksi) masih diperbincangkan. Apalagi, bebek hyper underbone PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ini disebut punya performa maksimal ketimbang kompetitor.

Keberadaan Suzuki Satria F150 FI sejatinya untuk memperpanjang pamor Satria di Tanah Air. Setelah dikembangkan dalam kurun waktu 2 tahun lalu, Seperti inilah penampilan New Suzuki Satria F150 FI.

Memang cukup lama. Tapi, hal itu dikesampingkan oleh pecinta Suzuki jika melihat apa yang diberikan PT SIS. Karakter Satria yang ramping tetap dipertahankan. Namun, ada beberapa area yang direvisi.

Mulai dari bentuk headlamp dengan penerangan full LED hingga spakbor belakang yang disebut mengadopsi desain motor sport Suzuki.

Tapi, ada detail yang lebih menarik untuk diperhatikan. Aplikasi lubang di spakbor depan bertujuan untuk mengalirkan udara lebih ke radiator.

Bagian yang tak kalah penting merujuk pada fitur-fitur yang disediakan Suzuki Satria F150 FI. Pandangan langsung mengarah ke bagian speedometer full digital berwarna dasar orange. Selain ada informasi Tachometer, posisi gear, bahan bakar, Twin trip, Jam, FI Indikator, terdapat pula indikator RPM yang bisa disetel (low, high atau tidak keduanya).

Sedikit ke bagian bawah (setang), terdapat lubang di segitiga atas setang. PT SIS menyebut ini adalah trik untuk mengurangi bobot Satria F150 FI. Satu lagi, model anyar Satria ini juga tak lagi memiliki bagasi di bawah jok. Melainkan sudah dipindah ke bagian leher motor.

Cukup dengan ubahan dan fitur, GILAMOTOR.com yang menjadi bagian dalam sesi first ride Suzuki Satria F150 FI langsung bersiap menjajalnya di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat (16/2/2016).

“Satria injeksi adalah commuter bike dengan racing based design. Sirkuit adalah tampat yang paling tepat untuk mengekspos performance-nya secara maksimal,” kata Giri S Triatmojo, GM of Startegic and Planning PT SIS kepada GILAMOTOR.com

Seolah ingin membuktikan ucapan di atas, sang kuda besi pun langsung di ajak melahap Sentul. Apalagi, mesin DOHC 147,3cc yang dibawanya ini diklaim mendapatkan racikan mumpuni. Makanya, motor ini punya tenaga hingga 13,6 kW di 10.000 rpm dan torsi maksimal 13,8 Nm pada 8.500 rpm.

Setelah memutar kontak ke posisi ON, jari langsung menekan electric starter yang ternyata hanya membutuhkan sentuhan singkat. Jok Suzuki Satria FI150 FI terasa lebih ergonomis. Rupanya, PT SIS membuat joknya lebih rendah dari Satria terdahulu.

Handling Suzuki Satria F150 FI terasa sangat enteng, terutama pengendalian pada setang. Saat melahap tikungan dengan kecepatan cukup tinggi, tak terasa ada gejala slip. Rupanya ini karena ukuran velg depan yang ditingkatkan dari 1.40 menjadi 1.60. Makanya, Ban IRC NR 93 terasa maksimal menggigit aspal.

Hal ini membuat GILAMOTOR.com semakin nafsu untuk memacunya. Namun, jelang tikungan patah terpaksa harus mengurangi gigi dengan cepat. Asiknya, engine brake terasa smooth dan kecepatan tetap bisa dikurangi dengan baik diikuti mengontrol rem depan.

Suzuki Satria F150 FI juga dihadapkan pada trek lurus yang cukup panjang yakni 900 meter. Saat masuk tikungan, speed dikontrol dengan posisi gigi 3. Jelang keluar tikungan, gas langsung dipuntir.

Walau perpindahan dari gigi 3 ke 4 tidak terlalu panjang, nafas gigi 5 Satria F150 FI nyatanya sangat panjang. Pun begitu dengan gigi 6. Kondisi ini membuat GILAMOTOR.com bisa mencapai top speed 136 km/jam. Tentu saja bisa lebih tinggi lagi. Dari catatan kali itu, ada tester yang mampu menjangkau kecepatan maksimal hingga 142 km/jam.

Demikian sesi first ride New Suzuki Satria F150 FI dari GILAMOTOR.com.Anda yang tertarik bisa membeli unitnya dengan harga Rp 21.650.000 (standard version) dan high version yang dijual dengan harga Rp 21.950.000.

18 COMMENTS

  1. Segimana bagus dan canggihnya teknologi di motor, tetep aja, pengemudilah penentunya. Semoga Suzuki makin bersinar di 2016.