1
4930

IIMS 2016 Siap Digelar, APM Siap Lepas Produk Baru

GILAMOTOR.com – Kondisi pasar otomotif nasional masih belum menunjukkan hasil yang menggembirakan bagi pelaku bisnis.

Dari data penjualan mobil dan motor yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) dari seluruh anggotanya, penjualan di triwulan pertama 2016 tak sebaik periode yang sama tahun 2015 lalu.

Hingga ujung Maret tahun ini rata-rata penjualan diprediksi masih tertatih-tatih sehingga banyak pebisnis merasa pesimistis mencapai target penjualan pada triwulan pertama 2016.

Secara umum, publik belum menjadikan kendaraan baru sebagai kebutuhan pasca tahun baru 2016 sembari menunggu produk-produk baru yang menggelinding di pertengahan tahun yang kebetulan bertepatan dengan bulan suci Ramadhan pada Juni nanti.

Momentum itu pula yang akan dimaksimalkan produsen untuk menutupi defisit penjualan pada triwulan pertama. Triwulan kedua sepanjang April, Mei dan Juni diprediksi bakal menjadi periode emas otomotif nasional berkaitan dengan Hari Raya Idul Fitri pada bulan Juli.

Salah satu sarana untuk mendongkrak penjualan adalah pameran akbar Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, 7 – 17 April 2016.

Sebelas hari tampil di pameran otomotif terbesar di Indonesia ini menjadi kesempatan emas produsen untuk berinteraksi dan bertransaksi langsung dengan konsumen. Semuanya akan total berpromosi dengan paket-paket spesial guna memanjakan calon pembelinya.

“Sejauh kesan yang kami tangkap, rata-rata produsen memang mematok IIMS 2016 sebagai sarana penting untuk mendongkrak penjualan di Semester I tahun ini. Semuanya akan bermain total untuk mencetak goal masing-masing. Tugas kami tinggal menyiapkan venue yang representative, konsep pameran yang mumpuni dan program-program unggulan sebagai pendukung acara,” kata Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh dalam sesi jumpa pers di Jakarta, Selasa (15/3).

Ia menyebut hampir semua APM (Agen Pemegang Merek) kendaraan bermotor roda empat dan dua akan tampil all out di IIMS 2016. Saat ini yang sudah pasti hadir adalah 18 merek mobil dan 8 merek motor, sementara merek lain tengah menyelesaikan segala sesuatunya hingga akhir Maret. Diproyeksikan total brand yang akan tampil sebanyak lebih dari 30 merek.

Hendra mengakui ada rencana sejumlah APM untuk me-launching produk teranyarnya pada perhelatan ini sebagaimana tradisi pada IIMS sebelumnya yang menjadi ajang promosi produksi dan teknologi terbaru dunia otomotif.