8
19888

Suzuki Satria FU 2006, Racikan Buat Fun Race

GILAMOTOR.com – Sebagai pemilik bengkel, Rully juga ingin membuktikan bahwa kepiawan bengkelnya dalam meramu mesin Satria FU 150 untuk terjun di balap bisa diperhitungkan. Karena itu, pemilik bengkel Rully Motor Sport meracik Satria FU 150 yang akan digeber oleh joki andalan yang juga sahabatnya.

“Buat mencari setingan yang pas, kita sering ikutan balap Fun Race di sirkuit Karting Sentul. Untuk speknya disesuaikan sama regulasi yang berlaku dan enggak main ekstrim, cukup main seher standaran,” tutur Rully.

Hyper underbone 150cc racikannya diturunkan di kelas 150 cc 4 tak. Hasilnya, Satria lansiran 2006 ini bisa menduduki posisi pertama. Padahal ubahan lawannya terbilang sangar, ada yang bore up jadi 180 cc pengapian total loss, dan sebagainya.

Mau tau seperti apa garapan Rully? Di ruang bakar pakai seher Honda Sonic dengan profil yang agakk jenong. Ukuran lebar payung klep in 22 mm dan out sebesar 18 mm. Sedang noken as, dibuat custom. Sayangnya, bumbu dapur dirahasiakan.

“Asupan bahan bakar dibikin lebih deras, pakai karbu Mikuni Sudco TM 28 mm. Untuk spuyer atau main jet dan pilot jet menyesuaikan permintaan mesin saat di trek,” cetusnya.

Lalu, koil Yamaha YZ 125 dan CDI BRT Dual Band membuat pengapian di ruang bakar makin yahud. Berikutnya, setingan gir set, di Sentul kecil menggunakan mata gir depan 13, belakangnya 44 guna sesuaikan rasio Malaysia alias Faito.

Yang terpenting dari semua itu adalah suspensi. Urusan sok, pada suling sok depan belakang dicustom ulang. Nikung jadi makin miring, karena rebound soft banget. [TGH]

Data spesifikasi :
Ban : IRC razo 66, 90/80-17
Sok depan-belakang : standar custom
Seher : standar
Karbu : TM 28 sudco
Noken as : custom
Klep : Honda Sonic
Koil : YZ 125
Cdi : BRT dual band
Knalpor : Jonea
Rasio : faito, 1-2-3-5-6
Gir set : SSS, 13-44
Kampas kopling : TDR
Per kopling : std
Gas spontan : daytona
Magnet : kering cuztom standar
Rully Motor Sport (RMS) : 0812-13707042

8 COMMENTS