12
35360

Mau Pasang Lampu HID? Harus Tahu Untung Ruginya

Tidak sedikit para pemilik Yamaha NMax mengganti lampu utama skutik 150 cc tersebut dengan HID proyektor. Tujuannya tidak semata-mata ingin tampil beda Gilmoters, namun juga dirasa mampu mendongkrak penampilan skutik kesayangannya. Lantas apakah penggunaan piranti tersebut sepadan dengan keinginan si pemilik?

Ternyata penggunaan HID proyektor menggantikan lampu asli skutik asal pabrikan berlambang garputala tersebut tidak melulu untung Gilmoters. Kerugian penggunaan lampu HID proyektor pun pastinya ada.

Seperti yang diungkapkan M. Abidin selaku GM After Sales Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Manufacturing (YIMM). “Penggunaan lampu HID dapat menghilangkan garansi kelistrikan. Jadi seandainya ada kerusakan pada bagian kelistrikan, maka garansi tidak akan berlaku.”

Setali tiga uang dengan Tukijan, pemilik ARM Motor di bilangan Jakarta Timur ini juga mengatakan jika penggunaan lampu HID punya kelemahan dan kelebihan. Pria ramah tersebut menegaskan kelemahan utama penggunaan lampu HID adalah soal daya tahan alias keawetannya. “Biasanya lampu utama bawaan NMax lebih lama usia pakainya ketimbang lampu bohlam. Karena kan sudah LED.”

Lebih lanjut ia juga menambahkan penggunaan lampu HID memang membuat cahaya lebih terang. Begitupun dengan para pecinta modifikasi, penggunaan lampu ini diklaim mampu mendokrak penampilan motor.

“Pastinya kalau pakai lampu HID cahaya lebih terang ketimbang lampu standarnya. Dari sisi penampilan juga lebih bagus.” tutupnya.

12 COMMENTS

  1. kerugian terbesar mnurut saya adalah jika suatu saat HIDnya matot..susah dpt pengganti dalam keadaan touring ke daerah..