7
6977

Musim Depan Tak Ada Lagi Winglet di MotoGP

Penggunaan winglet di balap MotoGP tengah menjadi sorotan terlebih di musim 2016. Pro kontra pun menyelimuti penggunaan komponen aerodinamis tersebut. Meski diklaim mampu mendongkrak performa motor, namun part tersebut dianggap berbahaya Gimoters. Sehingga musim 2017 mendatang penggunaan winglet dilarang.

Keputusan ini diambil oleh komisi balap MotoGP yang dihadiri oleh Dorna Sports, FIM, IRTA dan MSMA yang menyatakan untuk menghentikan penggunaan winglet di MotoGP 2017. Regulasi ini juga menyusul keputusan pelarangan penggunaan winglet untuk kelas Moto2 dan Moto3 yang terlebih dahulu ditetapkan. Namun penggunaan winglet di MotoGP masih diperbolehkan hingga akhir musim balap 2016 Gilmoters

Memang beberapa pembalap menganggap desain winglet membuat tampilan motor jadi aneh. Terlebih bentuknya yang menyerupai pisau dianggap berbahaya dan beresiko melukai pembalap lain. Berbeda dengan tim Ducati yang pertama kali menggunakan winglet menjadi pihak yang menentang keras jika perangkat tersebut berbahaya. Namun keputusan sudah bulat, musim depan tidak akan ada lagi motor yang menggunakan winglet Gilmoters.

 

7 COMMENTS