5
2300

AHMBS 2016 Sarana Siswa Berprestasi Gali Potensi Wirausaha

Dibalik kesuksesan penjualan produknya di Indonesia, nyatanya PT Astra Honda Motor (AHM) juga mendukung peningkatan kualitas generasi muda yang memiliki jiwa entrepreneur Gilmoters. Salah satunya melalui program Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2016. Tujuan program tahunan ini untuk menggali semangat wirausaha di kalangan siswa berprestasi Gilmoters.

Dalam program ini, PT AHM juga berusaha menjaring sekaligus mewadahi potensi kreatif anak muda khususwa siwa/i SLTA di tanah air. Dan di tahun ke-14, AHMBS mengusung tema baru dan lebih segar yakni ‘Youhg Entrepreneur’.

Namun tidak sembarang siswa yang dapat mengikuti program ini Gilmoters. Ini dikarenakan AMHBS mengumpulkan siswa-siswi terbaik melalu serangkaian seleksi ketat yang dilakukan jaringan main dealer Honda di seluruh Indonesia. Seleksinya sendiri dilakukan secara komprehensif dengan menggali ide kreatif kewirausahaan yang telah diimplementasikan oleh siswa, namun tetap memperhatikan prestasi akademiknya Gilmoters.

Karena AHMBS berupaya menemukan peserta dengan bakat-bakat entrepreneurship terbaik yang mampu menjaga keseimbangan antara pendidikan akademis dan semangat entrepreuner. Wah Bang Gilmot salut nih.

Nah dalam proses seleksinya, para peserta ditantang untuk mebuat karya tulis yang memaparkan kegiatan wirausaha yang telah dilakukan. Penilaiannya sendiri dilihat dari seberapa detail keunikan ide wirausaha, proses perencanaan, proses eksekusi jual beli, laporan keuangan hingga skema mempertahankan dan mengembangkan usahanya.

Saking ketatnya 573 peserta dari 301 sekolah yang mengikuti seleksi di tingkat daerah tahun ini, hanya 70 siswa yang terpilih Gilmoters. Siswa-siswi terbaik tersebut nantinya akan mengikuti Final AHMBS 2016 tingkat nasional di Jakarta (4-8/8) mendatang.

“Kami ingin dapat menanamkan benih semangat entrepreneur di kalangan anak muda. Kami ingin AHMBS tahun ini dapat melahirkan generasi muda yang kreatif dan namun tetap memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Indonesia membutuhkan mereka untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang kuat dari sektor informal di masa depan.” ungkap Deputy Head of Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin.

Dan pada AHMBS tahun ini, siswa yang terpilih mengikuti babak final akan mendapatkan motivasi dan bimbingan langsung dari beberapa tokoh nasional. Selain itu juga akan mendapatkan penguatan karakter untuk menjadi wirausahawan yang unggul, berkualitas dan sukses namun juga memiliki semangat pengabdian bagi bangsa dan negaara. Ditambah juga pembekalan pengetahuan tentang socio-preneurship, yang dimana mereka akan ditantang untuk menjadi wirausahawan yang sukses namun tetap memberikan manfaat bagi sekitarnya.

Dalam pelaksanaan AHMBS 2016 tingkat nasional, PT AHM juga didukung juga oleh Yayasan AHM serta anak perusahaannya yaitu PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, dan PT Musashi Auto Parts Indonesia.

5 COMMENTS