11
421058

Jangan Simpan Jas Hujan di Bawah Jok

Gilmoters, tampaknya musim penghujan telah tiba nih jadi wajib hati-hati saat berkendara dan jangan lupa bawa rain coat biar tidak basah kuyup.

Tenang Bang Gilmot, saya selalu bawa rain coat kok dan saya simpan di bawah jok. Wah salah tuh! Jangan sekali-kali meletakan jas hujan alias rain coat di balik jok apalagi sampai menutupi tutup tangki bahan bakar.

Memang kebiasaan ini kerap dilakukan oleh beberapa pengguna sepeda motor, terlebih tunggangannya tidak memiliki fitur bagasi. Padahal kebiasaan buruk ini mempengaruhi performa sepeda motor loh Gilmoters.

Seperti yang diungkapkan oleh Instruktur Teknis PT Wahana Makmur Sejati, Mukti Abdulrahman ketika Bang Gilmot temui beberapa waktu lalu. “Rain coat atau jas hujan yang diletakan di atas tangki bahan bakar akan membuat sepeda motor mogok. Ini karena aliran udara yang masuk melalui tutup tangki tertutup jas hujan sehingga tidak ada sirkulasi udara di dalam tangki. Jadi jangan diletakan di tempat tersebut.” imbuhnya.

Masalah terjadi tidak hanya jika tangki bahan bakar tertutup jas hujan, pun jika diletakan di atas filter udara. Sepeda motor akan tersendat-sendat ketika riding bahkan mati. Bisa bikin repot juga kan. Tapi ini Bang Gilmot ambil kasusnya jika sepeda motornya All New Sonic 150R dan Supra GTR 150 yang notabennya filter udaranya berada di balik jok.

“Filter udara All New Sonic 150R itu berada di balik jok. Jika jas hujan diletakan disana akan mengganggu asupan udara ke ruang bakar, sehingga pembakaran tidak sempurna. Dengan miskinnya asupan udara efeknya sepeda motor akan tersendat-sendat dan mengeluarkan asap hitam dari knalpot.” lanjut Mukti.

Tapi jika sudah terlanjur, Gilmoters tidak perlu panik. Tinggal mengeluarkan jas hujannya lalu matikan mesin kemudian hidupkan lagi, sepeda motor kesayangan pun siap digas lagi. Meski asap hitam masih keluar, Gilmoters tenang saja karena itu merupakan sisa-sisa pembakaran yang tidak sempurna dan akan kembali normal. Dengan catatan jas hujan tidak diletakan lagi ditempat terlarang tersebut.

 

11 COMMENTS