6
3554

Test Ride Suzuki GSX-R150: Si Seksi yang Penurut

GilaMotor.com – Siapa sih yang nggak suka dengan sosok penurut? Hampir semua orang tentunya suka bukan, termasuk Gilmoters. Bisa dibayangkan dong bagaimana indahnya jika memiliki pendamping yang patuh, penurut, cantik plus seksi. Mantap jiwa!

Eits, Gilmoters jangan membayangkan yang enggak-enggak ya. Sosok penurut, cantik dan seksi yang Bang Gilmot bahas bukan seorang wanita, melainkan sepeda motor. Lho, memangnya ada yang seperti itu Bang Gilmot? Tentu ada dong, enggak percaya?

Adalah Suzuki GSX-R150, sesosok sepeda motor sport fairing teranyar PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang belum lama ini secara resmi diluncurkan. Sesi peluncurannya pun bisa dibilang istimewa loh Gilmoters. Apalagi kalau bukan lantaran disaksikan oleh kedua rider Suzuki Ecstar MotoGP, Andrea Iannone dan Alex Rins.

Namun sebelum diluncurkan secara resmi ke publik, PT SIS memberikan kesempatan kepada awak media untuk mencicipi GSX-R150 secara langsung di Sentul International Circuit, Bogor. Termasuk Bang Gilmot tentunya.

Gilmoters pastinya bertanya-tanya, kenapa Bang Gilmot menyebut jika GSX-R150 adalah sesosok sepeda motor yang seksi dan penurut? Bang Gilmot katakan seksi lantaran bentuknya bodinya bak seorang foto model majalah fashion.

Meski demikian seksi, aura balap GSX-R150 sangat kental terasa. Apalagi saat duduk di atasnya. Bodinya terasa ramping khususnya di bagian tangki. Posisi paha mampu menjepit tangki dengan mantap, ini jelas berpengaruh saat bermanuver. Begitu juga dengan tangan yang masih mampu mendekap tangki yang bentuknya agak memanjang. Kesan racy makin diperkuat dengan penggunaan setang model under yoke.

Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 Siap Gegerkan Lima Kota Besar

Oia selama sesi test ride ini, beberapa part ditanggalkan oleh PT SIS loh Gilmoters. Seperti spion, standar samping, sign lamp, spakbor belakang dan mengganti ban standar dengan ban slick IRC Fasti 1. Selain itu, kondisi standarnya dipertahankan. Cukup sudah mengagumi rival Yamaha R15 dan Honda CBR150R ini, saatnya menjajal performanya di lintasan balap.

Bang Gilmot pun diberi kesempatan selama 15 menit untuk mencicipi GSX-R150. Di lap awal, Bang Gilmot gunakan untuk PDKT alias pendekatan. Jadi tidak langsung pelintir selongsong gas. Tapi Bang Gilmot dapat merasakan tenaganya, akselerasi awalnya cukup menyentak GIlmoters. Power yang dihasilkan pun tetap terisi ketika diajak berakselerasi cepat. Perpindahan giginya? Halus!

Sama halnya dengan proses dalam percintaan, usai masa PDKT pastinya Gilmoters langsung kumpulin nyali untuk menyatakan cinta. Pun demikian dengan Bang Gilmot. Usai masa PDKT, Bang Gilmot mulai kumpulin nyali juga. Tapi bukan untuk nembak melainkan untuk geber habis-habisan GSX-R150.

Lap demi lap Bang Gilmot libas dengan menggeber GSX-R150. Keluar masuk tikungan GSX-R150 tidak ngelawan. Ini lah yang Bang Gilmot maksudkan bahwa GSX-R150 nurut. Berhubung Bang Gilmot tidak pakai racing suit jadi rada ngeri-ngeri sedap kalau mau rebah, hehehe. Suspensinya pun mampu meredam kejut dengan baik, namun suspensi belakang terasa agak keras.

Dan yang menjadi pertanyaan hampir semua orang, berapakah top speed-nya? Setiap sampai di ujung lurus, Bang Gilmot yang punya postur 175/63 ngintip speedometer kerap menampilkan angka di kisaran 143-144 km/jam. Memang, kendati dari gigi 1 hingga 4 dapat dengan mudah berakselerasi, namun di akhir gigi 5 dan masuk ke gigi 6 terasa cukup lambat.

Tersedia dalam dalam lima varian warna yakni Metalic Triton Blue, Titan Black, Solid Black/Gloss, Briliant White dan Stronger Red. Selama masa promo, Suzuki GSX-R150 dipasarkan dengan harga Rp 27,9 juta. Setelah masa promo usai GSX-R150 dipasarkan dengan harga Rp 29,9 juta.(okz)

Data Spesifikasi Suzuki GSX-R150:

P x L x T: 2.020 x 700 x 1.075 mm

Jarak sumbu roda: 1.300 mm

Tinggi jok: 785 mm

Jarak terendah: 160 mm

Bobot basah: 131 kg

Tipe mesin: 4 langkah 1 silinder

Pendinginan: cairan (radiator)

Sistem katup: DOHC 4 katup

Kapasitas: 147,3 cc

Bore x stroke : 62,0 × 48,8 mm

Tenaga maksimal: 18,9 dk/10.500 rpm

Torsi maksimal: 14,0 Nm/9.000 rpm

Sistem bahan bakar: FI

Transmisi: 6-speed, return

Sistem starter: Electrik

Tipe sasis: Diamond

Rem depan: Disc (Petal)

Rem belakang: Disc (Petal)

Suspensi depan: Teleskopik

Suspensi belakang: Monosok

Pelek: Cast

Ban depan: 90/80-17(TL)

Ban belakang: 130/70-17 (TL)

Lampu utama: LED

Lampu rem: Bulb

Tipe aki: MF

Panel instrumen: Full digital

Takometer: Yes

Kapasitas tangki: 11 liter

Emisi: Euro3

Key-less Ignition: Yes

Shutter-Key lock: N/A

Suzuki easy start: Yes