17
3417

Intip Prinsip Cara Membuat Motor Drag Dari Juara Dunia

GilaMotor.com – Drag race tentunya sudah gak asing lagi buat Gilmoters. Balapan ini bukan hanya populer di Indonesia, tapi juga di banyak belahan dunia lainnya. Buat Gilmoters yang doyan nge-drag, gak ada salahnya nih ngintip rahasia cara membuat motor drag dari pembalap luar negeri.

Bukan pembalap sembarang, namun kali ini juara dunia drag race Rickey Gadson yang membagikan cara membuat motor drag agar bisa menjadi jawara di lintasan. Sumbernya Bang Gilmot peroleh dari situs Popular Mechanics yang memang kerap membahas permesinan.

Setidaknya, Gilmoters bisa menerapkan prinsip-prinsip cara membuat motor drag dari Gadson untuk motor Gilmoters.

“Drag race bukan hanya soal kepiawain ridernya. Tapi juga tentang bagaimana membuat setting rangka yang tepat,” kata Gadson. Pernyataan tersebut seolah-olah menegaskan kita gak bisa anggap sepele cara membuat motor drag kalau mau juara.

Gadson menjadikan Kawasaki ZX-14 bertenaga 200 daya kuda sebagai contoh dalam proses cara membuat motor drag. Tenaga motor yang begitu besar mengharuskan Gadson mengganti swing arm agar motor lebih jenjang. Harapannya, potensi wheelie ketika start bisa ditekan.

Perubahan di bagian belakang motor diikuti pula dengan merendahnya suspensi depan. Jadinya, motor lebih ‘menukik’ dan ban depan dapat grip lebih baik. Sekiranya, inilah prinsip pertama cara membuat motor drag yang bisa Gilmoters ikut. Meskipun, selain ini, masih ada langkah cara membuat motor drag selanjutnya yang bertujuan mendongkrak performa.

Gadson tak menampik diperlukan penggantian sejumlah komponen motor untuk mampu bersaing di lintasan drag race. Yang paling sederhana dari cara membuat motor drag ala Gadson ialah penggantian knalpot biar tenaga motor lebih ‘nendang’.(mdp)

17 COMMENTS