Honda SH150i
15
8982

Review Honda SH150i Saingan Piaggio Medley S 150

GilaMotor.com – Skutik sudah jelas menjadi salah satu tulang punggung penjualan Honda di Indonesia. Dan kali ini Astra Honda Motor (AHM) tampaknya coba menambah peruntungannya di segmen tersebut dengan menghadirkan Honda SH150i. Sebuah skutik premium yang desainnya disebut-sebut Eropa banget.

Meski skutik Honda laris di Indonesia, namun SH150i belum tentu punya nasib seperti Honda BeAT atau seri-seri Vario yang laris bak kacang goreng. Pasalnya, skutik CBU ini diposisikan berada di atas produk-produk tersebut dengan harga mencapai Rp44,9 juta On the Road DKI Jakarta.

Tentunya, angka itu merupakan harga yang fantastis untuk sebuah skutik bermesin 150 cc.

Honda SH150i

Lewat Honda SH150i, AHM berupaya merangkul konsumen roda dua yang juga mementingkan gengsi dan faktor gaya hidup untuk urusan berkendara. Masalahnya, Honda SH150i gak sendirian di kelas ini. Sudah ada Piaggio Medley 150 S yang mengisinya. Malah, bisa dibilang Piaggio Medley S 150 adalah wakil dari brand Eropa tulen.

Tapi, buat Gilmoters yang tetap penasaran dengan Honda SH150i, yuk, kita bahas satu persatu apa saja yang dimiliki oleh skutik ini.

Honda SH150i

Mulai dari eksteriornya, sejumlah fitur terkini motor Honda menempel. Mulai dari depan, Gilmoters bisa menemui lampu depan, lampu belakang, dan lampu senja yang sudah menggunakan LED. Lampu utamanya pun menempel di ‘batok’ selayaknya milik Honda Spacy, Yamaha Grand Filano, atau Piaggio Medley.

Soal desainnya, Honda SH150i menggunakan konsep yang disebut styling Dynamic dan Light Feeling. Konsep tersebut diterjemahkan dengan tarikan-tarikan garis bodi yang melengkung dari depan sampai belakang.

Hal lain yang menarik dari tampang Honda SH150i adalah kelirnya. Bisa dilihat pada foto di atas kalau warna bodi Honda SH150i bukan polos semata, tapi cenderung metalik. Tak ada striping yang menempel pada bodinya. Sehingga tampangnya terlihat elegan.

Honda SH150i

Salah satu fitur yang menjadi daya tarik Honda SH150i adalah Honda Smart Key. Remote-nya menyimpan tiga fungsi yang bisa dioperasikan lewat masing-masing tombol yang ada. Fungsi yang dimaksud antara lain switch On/Off, Answer Back System, dan Anti Theft Alarm System. Dengan adanya sistem kunci cerdas ini maka pemilik motor gak butuh anak kunci untuk menyalakan mesin.

Caranya cukup dengan memutar sebuah kenop setelah lampu iluminasi menyala. Kenop ini juga berfungsi buat membuka jok dan mengunci setang. Nah, di sisi lain dek depan, Gilmoters juga bisa menemukan power charger yang tersimpan di dalam konsol tertutup. Bisa dimanfaatkan buat mengisi ulang baterai ponsel dengan memanfaatkan konektor terlebih dahulu.

Honda SH150i

Kemudian, sudah menjadi syarat mutlak bagi sebuah skuter untuk memiliki bagasi penyimpanan yang luas. Dan gambar di atas seharusnya bisa memberi gambaran daya tampung bagasi Honda SH150i.

Nah, masih soal daya angkut, sebenarnya Bang Gilmot memberi apresiasi buat Honda SH150i yang menggunakan behel dengan bentuk cukup lebar. Behel itu juga bisa berfungsi sebagai rak barang.

Gilmoters bisa memanfaatkan behel itu buat membawa barang ekstra dengan menggunakan cargo net. Bisa dilihat di bagian bawah behel itu terdapat semacam tonjolan besi yang berfungsi sebagai tempat mengaitkan cargo net.

Honda SH150i

Lantas, soal mesin, AHM mengklaim kalau Honda SH150i punya konsumsi bahan bakar yang irit. Melalui pengaktifan fitur Idling Stop System, Honda SH 150i bisa menempuh 40,9 km hanya dengan satu liter bensin, Gilmoters. Mesinnya sendiri berupa ruang bakar SOHC, berpendingin cairan dengan kapasitas 153 cc.

Bisa ditemui pula teknologi Enhanced Smart Power yang terintegrasi dengan ACG Starter guna menghidupkan mesin secara halus.

Honda SH150i

Nah, satu hal lagi yang menjadi nilai tambah dari Honda SH150i ialah sudah tertanamnya sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS). Untuk roda depan memanfaatkan kaliper dua piston dan untuk roda belakang satu piston.

Masih di bagian kaki-kaki, Gilmoters bisa melihat bahwa Honda SH150i menggunakan dua buah per dengan 5 pengaturan pre-load untuk bagian belakang. Sementara itu, di depan memanfaatkan suspensi telescopic berdiameter 33 mm.

Honda SH150i

Kesimpulannya, menurut Bang Gilmot dengan harga seperti itu dibutuhkan banyak perhitungan buat menebus Honda SH150i. Kalau alasannya pengen punya skuter bergaya Eropa, mungkin Piaggio Medley S 150 bisa ikut dilirik. Skutik ini datang dari brand Eropa sesungguhnya dan memiliki sebagian besar keunggulan Honda SH15i.

Soal harga, baik Honda SH150i ataupun Piaggio Medley 150 berada para rentang yang sama. Hanya saja, jaringan diler Honda yang tersebar lebih luas tentunya bisa menjadi pertimbangan buat meminang Honda SH150i.(mdp)

15 COMMENTS