14
12906

First Impression Yamaha All New V-Ixion: Punya Cukup Bekal Buat Jadi Legenda

GilaMotor.com – Semenjak generasi pertamanya diperkenalkan pada 2007, Yamaha V-Ixion langsung menuai kepopuleran besar, Gilmoters. Tercatat, naked bike 150 cc ini sudah terjual sebanyak 2,5 juta unit.

Dan dalam pameran otomotif IIMS 2017 PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) berupaya meneruskan kiprah Yamaha V-Ixion dengan meluncurkan generasi terbarunya. Ada dua tipe yang diperkenalkan kali ini. Pertama, Yamaha All New V-Ixion R sebagai versi naked dari Yamaha R15. Dan yang kedua adalah Yamaha All New V-Ixion. Pada ulasan kali ini Bang Gilmot akan membahas khusus tipe yang kedua.

Yamaha All New V-Ixion 2017

Di booth Yamaha pada IIMS 2017, kehadiran Yamaha All New V-Ixion tampaknya cukup menyita perhatian pengunjung. Wajar saja karena tampang Yamaha All New V-Ixion memang berubah total dan cukup atraktif dengan konsep yang disebut New Sporty Desain. Bang Gilmot menilai desain bodi Yamaha All New V-Ixion yang mengedepankan tarikan-tarikan garis tajam membuatnya terkesan lebih ramping. Juga lebih sederhana, namun tetap memiliki karakter sporti yang diusungnya sejak dulu.

Di sekitar tangki, terlihat bentuk shroud-nya baru. Untuk diketahui, shroud Yamaha All New V-Ixion tetap fungsional dengan adanya celah-celah jalur angin, Gilmoters. Desain seperti itu seharusnya bisa berkontribusi dalam hal aerodinamika. Lantas, penampilan bodinya terlihat berisi karena adanya under cowl yang menempel di sekitar mesin. Satu lagi hal baru di bodi Yamaha All New V-Ixion ialah mud guard yang removable alias gampang dibongkar pasang.

Yamaha All New V-Ixion 2017

Di pasaran, Yamaha All New V-Ixion bisa percaya diri menantang rival-rivalnya, semisal Suzuki GSX-S150. Pasalnya Yamaha All New V-Ixion membawa fitur sudah selayaknya motor masa kini. Sistem penerangan Yamaha All New V-Ixion sudah menggunakan bohlam LED untuk lampu depan dan belakang. Lalu, informasi seputar motor bisa dilihat di speedometer digital.

YIMM cukup kreatif dengan memberi keluasaan pengguna buat mengganti sapaan ‘HI BUDDY’ pada speedometer tersebut dengan kata apapun. Nama Gilmoters misalnya. Hal ini memang bukan fitur yang bernilai, tapi cukup unik dan bisa menciptakan ikatan emosional antara pengguna dan motornya.

Yang gak bisa dilupakan pula, Yamaha All New V-Ixion dilengkapi lampu hazard dan jalur kabel pendukung buat USB charger.

Yamaha All New V-Ixion 2017

Soal dapur pacu, sejak dulu Yamaha V-Ixion memang dikenal memiliki mesin bertenaga dan cukup reliable alias bisa diandalkan. Yamaha All New V-Ixion menggunakan mesin satu silinder 150 cc SOHC. Yang menjadi salah satu nilai jual dari Yamaha All New V-Ixion ada di mesinnya, Gilmoters.

Mesin Yamaha All New V-Ixion kini dilengkapi dengan assist and slipper clutch. Sebuah fitur yang jamak ditemui pada motor-motor kelas 250 cc ke atas. Klaim pabrikan, dengan adanya fitur ini perpindahan gigi bisa menjadi lebih halus, ringan, dan menghasilkan akselerasi responsif. Dan tentunya produsen juga mengadalkan teknolgi DiASil Cylinder dan Forged Piston untuk komponen di dalamnya.

Yamaha All New V-Ixion 2017

Untuk rangkanya produsen tetap mempercayakan sasis Deltabox. Dan memanfaatkan suspensi monocross untuk bagian belakang.

Dengan harga jual On The Road Jakarta Rp26 juta, rasanya Yamaha All New V-Ixion merupakan pilihan yang masuk akal. Gilmoters bisa mendapatkan naked sport 150 cc dengan fitur-fitur menarik dan sudah terkenal enak dikendari sehari-hari ataupun jarak jauh. Soal perawatan juga bukan masalah mengingat mudahnya ditemui diler-diler resmi Yamaha. Dan harga jual kembali Yamaha All New V-Ixion juga terbilang bisa bertahan di pasar motor bekas.(mdp)

Spesifikasi All New Vixion

Length x Width x Height: 1955 x 720 x 1025 mm
Wheelbase: 1295 mm
Ground clearance: 165 mm
Seat height: 795 mm
Curb weight: 132 Kg
Fuel tank capacity: 12 L
Engine type: Liquid Cooled 4-stroke, SOHC
Cylinder arrangement: Single Cylinder
Bore x stroke: 57 x 58.7 mm
Compression Ratio: 10.4±0.4 : 1
Cylinder Volume: 149.8 cc
Maximum power: 12.2 kW / 8500 rpm
Maximum torque: 14.5 Nm / 7500 rpm
Starting system: Electric
Lubrication system: Wet sump
Fuel system: Fuel Injection
Clutch type: Wet Type Multi-Plate Clutch
Transmission type: Manual
Frame type: Diamond
Front suspension: Telescopic
Rear suspension: Swing Arm
Wheel type: Tubeless
Front wheel: 90/80-17M/C 46P
Rear wheel: 120/70-17M/C 58P

Galeri Foto Yamaha All New V-Ixion

14 COMMENTS