0
1740

Serunya Melewati Rute Alas Grintingan

GilaMotor.com РHai gilmoters ada yang sudah pernah tahu Alas Grintingan? Alas Grintingan terletak di Kecamatan Lohjejer, Kota Jember, Jawa timur. Alas atau hutan ini ini adalah jalur tersembunyi menuju pantai Tanjung Papuma.

Pada weekend kemarin saya melakukan perjalanan menuju Tanjung Papuma dari Bali jaraknya sekitar 300 Km. Dari Denpasar menyusuri jalanan menuju Tabanan sudah cukup padat karena long weekend. ohh ya kali ini saya gak sendiri tapi ditemenin partner perjalanan #ride2nationalpark Karimun Jawa kemarin, Agus Ramadhan.

Sampai Tabanan menuju pelabuhan Gilimanuk disuguhi jalanan berliku yang asik pada malam hari, sesekali harus menghindari lobang-lobang dan jalan yang bergelombang. Dini hari sebelum fajar terbit kami sudah sampai pelabuhan Gilimanuk dan siap nyebrang ke pelabuhan Ketapang.

Singkat cerita pada pagi harinya motor kami pun sudah diarahkan menuju Kota Jember untuk mencari sarapan dan melintasi Alas Grintingan yang sudah beberapa kali kita lewati untuk ke Pantai Papuma, tapi kali ini berbeda karena cuaca di Jember masih sering hujan di Alas Grintingan kami disuguhkan kubangan berlumpur yang mengotori celana dan sepatu kami.

Disuguhkan pemandangan pohon-pohon yang hijau dan asri sangat berbeda dari biasanya gersang dan meranggas. Kubangan dan jalan naik turun kita lewati dengan bahagia tentunya sesekali berhenti untuk melihat dan bersiap-siap memotret saat partner perjalanan jatuh di kubangan.

Tak terasa setelah hampir 2 jam melintasi Alas Grintingan kami sudah hampir sampai Ujung Alas Grintingan dibuktikan dengan pemandangan indah antara lautan, sawah dan pulau-pulau kecil di tengah samudra yang memanjakan mata kami. Sampai di Pantai Papuma langsung istirahat dan foto-foto.

Foto dan teks: Latanza