Graziano dan Valentino Rossi | Foto: -
14
1594

Duo Bapak dan Anak yang Melegenda di Dunia Balap

GilaMotor.com – Sejarah mencatat ada sejumlah nama pasangan bapak dan anak yang menuai pamor cukup gemilang dalam dua motorsport roda dua. Bukan hanya di lintasan MotoGP, namun juga di kejuaraan lainnya. Siapa saja mereka? Berikut Bang Gilmot suguhkan pasangan bapak dan anak yang namanya terkenal di dunia balap hasil rangkuman dari beberapa sumber.

Kenny Roberts Sr. | Foto: Redbull.com

Kenny dan Kenny Roberts

Kenny Roberts Senior adalah seorang legenda balap. Ia menjadi orang Amerika pertama peraih titel juara dunia balapan yang sekarang bernama MotoGP. Titel terhormat itu diraihnya pada 1978, 1979, dan 1980. Dua puluh tahun kemudian sang anak, Kenny Roberts Junior, berhasil meraih titel serupa. Dengan begitu keduanya membuat rekor pasangan bapak dan anak yang pertama kali meraih gelar juara dunia.

Michael Dunlop | Foto: Redbull.com

Michael dan Robert Dunlop

Nama Dunlop identik dengan dunia balap. Bukan hanya karena merupakan merek ban. Robert Dunlop adalah seorang legenda balapan Isle of Man TT. Di mana ia berhasil naik podium sebanyak empat belas kali selama berkarir. Nah, sekarang anaknya yang bernama Michael Dunlop juga mengikuti jejak ayahnya di ajang road race ekstrem tersebut. Bahkan, Michael pernah mencatatkan rekor melaju dengan kecepatan rata-rata tertinggi (130 mph atau 209 kmp) di lintasan berbukit sepanjang 27 km.

Graziano dan Valentino Rossi | Foto: –

Graziano dan Valentino Rossi

Kepiawaian Valentino Rossi di atas motornya jelas merupakan bakat yang diwariskan oleh sang ayah, Graziano Rossi. Ayah The Doctor kali pertama terjun ke grand prix pada 1977 mengikuti kelas 500 cc menggunakan motor Suzuki. Meskipun, justru ia baru merasakan podium di kelas 250 cc sebanyak tiga kali pada musim balap 1979.

Stefen Everts | Foto: Redbull.com

Harry dan Stefan Everts

Stefen Everts bukanlah nama yang asing di kejuaraan MXGP. Bahkan, sebelum tampil di MXGP, pembalap yang dikabarkan kini menjadi mentor di program MXGP Suzuki ini sudah memegang sepuluh titel juara dunia. Prestasinya ini jelas menurun dari ayahnya, Harry Everts yang pernah empat kali juara MXGP. Kekompakan duet pembalap bapak anak ini juga terlihat dari keputusan masing-masing untuk ikut membela Belgia dalam kejuaran Motocross of Nations.

Josh Hansen | Foto: Redbull.com

Donnie dan Josh Hansen

Meskipun sang anak Josh Hansen gak pernah juara AMA, namun ia sempat tampil mencolok di 125 East Supercross Championship 2005. Agak berat memang memikul nama besar keluarga. Karena ayahnya, Donnie Hansen, tercatat pernah beberpa kali juara. Termasuk pada AMA Motocross 1982 sekaligus menyabet gelar juara Supercross kelas 250 cc.

 

14 COMMENTS